Penerapan aturan protokol kesehatan harus tegas agar masyarakat patuh sehingga jumlah terpapar COVID-19 tidak bertambah.
Jakarta (ANTARA) - Lembaga kajian ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef) meminta pemerintah  lebih tegas dalam menerapkan aturan protokol kesehatan di masyarakat agar tujuan untuk kembali mendorong ekonomi dapat tercapai.

"Penerapan aturan protokol kesehatan harus tegas agar masyarakat patuh sehingga jumlah terpapar COVID-19 tidak bertambah. Kesehatan menjadi tujuan penting dari ekonomi agar terhindar dari resesi," ujar peneliti Indef Rusli Abdullah ketika dihubungi di Jakarta, Senin.

Menurut dia, disiplin menerapkan protokol kesehatan menjadi penting untuk menghentikan penyebaran virus.

Baca juga: Yogyakarta giatkan pemantauan penerapan protokol kesehatan

Isu kesehatan, lanjut dia, akan menghasilkan manfaat besar bagi masyarakat dan menambah daya saing untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan.

"Masyarakat sehat maka ekonomi akan ikut bergerak tumbuh juga," ucapnya.

Selain disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan, Rusli mengatakan, masyarakat diminta untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi.

"Makanan perlu diperhatikan, harus bergizi agar tidak mudah terserang penyakit. Ada program bansos tunai dari pemerintah, bisa digunakan untuk membeli makanan yang bergizi, secara tidak langsung dampaknya juga pada terjaganya daya beli," katanya.

Baca juga: Kemenkeu paparkan 3 strategi pemerintah terhindar dari resesi

Maka itu, ia meminta masyarakat untuk tidak menempatkan dana bansos tunai untuk investasi, melainkan untuk konsumsi.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir menyatakan bahwa pemulihan kesehatan dan perekonomian secara bersamaan menjadi fokus pemerintah dalam melewati pandemi COVID-19.

"Yang kami tanamkan sekarang ini adalah kesehatan pulih, ekonomi bangkit," ujar Erick Thohir yang juga Menteri BUMN.

Baca juga: Masker mu, resesi ku

Erick Thohir mengatakan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional memiliki tiga fokus utama yang meliputi Program Indonesia Sehat, Indonesia Bekerja, dan Indonesia Tumbuh.

Program Indonesia Sehat, kata dia, di antaranya meliputi sosialisasi perubahan perilaku secara luas melibatkan seluruh stakeholders dan komunitas masyarakat, akselerasi test PCR, lacak dan karantina secara nasional hingga transformasi sistem kesehatan dan BPJS berkualitas.
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020