Hasil pemeriksaan swab, dua guru Sukabumi positif COVID-19

Hasil pemeriksaan swab, dua guru Sukabumi positif COVID-19

Peta sebaran pasien COVID-19 di Kota Sukabumi, Jawa Barat pada Senin, (31/8/2020). (Antara/Dok/Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Sukabumi)

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Sukabumi, Jawa Barat, menyebutkan dari 30 hasil pemeriksaan usap (swab) atas guru yang sudah keluar, dua diantaranya dinyatakan positif COVID-19.

"Sebanyak 138 guru yang menjalani pemeriksaan usap, baru 30 yang hasilnya keluar dan dari jumlah tersebut dua diantaranya positif," kata Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Sukabumi Wahyu Handriana di Sukabumi, Senin.

Menurutnya, pemeriksaan usap tersebut merupakan salah satu syarat dibukanya kembali kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka langsung di sekolah.

Dari hasil verifikasi ada 34 sekolah di Kota Sukabumi yang siap melaksanakan kembali KBM tatap muka hanya 29 sekolah yang melakukan pemeriksaan usap.

Baca juga: Warga Sukabumi positif COVID-19 bertambah lima orang

Baca juga: Perwira Polisi Sukabumi dikerahkan awasi penerapan protokol kesehatan


Dengan ditemukannya dua kasus guru yang positif COVID-19 tersebut Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 setempat langsung melakukan tracking maupun tracing kepada keluarga dan sekolah guru itu.

"Hasil usap ini tentunya menjadi bahan evaluasi dan sudah dilaporkan kepada ketua gugus tugas," ujarnya.

Wahyu mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan usap yang belum keluar dan diharapkan tidak ada lagi guru yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Sementara untuk guru yang dinyatakan positif tersebut sudah menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan ketat dari pihak puskesmas di daerah tempat tinggalnya.

Kasus COVID-19 hingga saat ini masih berfluktuasi, maka dari itu pihaknya tidak henti-hentinya mengimbau kepada masyarakat untuk patuh dan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran virus yang bisa menyebabkan kematian ini.*

Baca juga: Pasien COVID-19 di Kota Sukabumi terus berkurang

Baca juga: 140 guru di Sukabumi jalani pemeriksaan swab

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Satgas COVID-19: kepatuhan Sumatera & Papua pada protokol kesehatan rendah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar