Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat suhu maksimum harian pada 29 hingga 30 Agustus 2020 di beberapa daerah di Indonesia.

"Untuk kondisi hari ini atau berdasarkan pengukuran tanggal 29 Agustus, di beberapa wilayah memang suhu cukup panas dan masih bisa terjadi di kisaran 33 hingga 36 derajat Celsius," kata Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saepudin dalam konferensi pers bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) secara virtual dari Jakarta, Senin.

Ia mengatakan suhu cukup panas terutama tercatat di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) wilayah Jawa dengan tingkat kelembaban yang relatif cukup kering.

Kondisi tersebut, katanya, perlu diwaspadai selama September karena kondisi cuaca atau suhu cukup panas masih dapat terjadi mengingat posisi matahari atau posisi semu matahari selama periode September relatif ada di wilayah ekuator, sehingga berdampak pada kondisi suhu yang cukup panas tetapi kisarannya masih cukup normal.

Baca juga: BMKG waspadai kekeringan meteorologis di beberapa wilayah Indonesia

Baca juga: BMKG waspadai curah hujan cukup tinggi pada September dan Oktober


Terkait dengan kondisi cuaca yang relatif masih kering di beberapa wilayah, BMKG mengidentifikasi wilayah di Sumatera, Riau, Sumatera bagian selatan, Palembang dan Kalimantan bagian selatan sebagai wilayah dengan tingkat kemudahan terbakar cukup tinggi.

"Ini yang perlu diwaspadai untuk kondisi hari ini dan beberapa hari ke depan," katanya.

Sementara itu, wilayah Jawa, meskipun kondisinya relatif kering dan tingkat kemudahan terbakar di permukaannya (FDRS) tampak merah, tetapi potensi karhutla di wilayah tersebut masih relatif lebih kecil dibandingkan daerah Riau dan Kalimantan.

Lebih lanjut, selain melaporkan suhu maksimum dan potensi karhutla di beberapa daerah, Miming juga menyampaikan potensi gelombang tinggi selama September yang juga perlu diwaspadai.

"Yang perlu diwaspadai secara umum ada di wilayah Samudera (Hindia) bagian selatan, pesisir Jawa bagian selatan, dari Jawa hingga Nusa Tenggara," demikian kata Miming.*

Baca juga: BMKG: 85 persen wilayah masih musim kemarau pada Agustus

Baca juga: BMKG: Indonesia diguncang 804 gempa tektonik sepanjang Agustus 2020

Pewarta: Katriana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020