Warga Ceko Promosikan Wisata Tanjungpinang

Tanjungpinang (ANTARA News) - Prague Dragon Boat Race Club dari Republik Ceko, ikut mempromosikan wisata Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, melalui perlombaan perahu naga di negara Eropa Tengah itu.

"Kami membuat kategori dan piala khusus Tanjungpinang dalam lomba perahu naga di negara kami untuk ikut membantu promosi Kota Tanjungpinang," kata pimpinan Prague Dragon Boat Race Club, Martin Konecny di Tanjungpinang, Sabtu.

Konecny mengatakan, nama Kota Tanjungpinang juga dipajang di badan dua perahu naga pemberian Walikota Tanjungpinang dan diberi nama Gurindam serta Pantun, di setiap penyelenggaraan lomba perahu naga.

"Seluruh peserta juga memakai baju seragam perahu naga pemberian Wali Kota Tanjungpinang," ujarnya.

Dalam waktu dekat kedua perahu naga dari Tanjungpinang akan diikutkan pada berbagai perlombaan di Eropa, seperti di Jerman, Swiss dan Italia.

"Kami akan bawa perahu naga tersebut dengan mobil bak terbuka mengelilingi ketiga negara tersebut, sehingga akan menjadi daya tarik tersendiri untuk memperkenalkan wisata Tanjungpinang," ujarnya.

Khusus untuk di Italia, perahu naga asal Tanjungpinang akan diikutkan dalam Hogalonga Festival di Venesia yang dikenal dengan wisata kanal.

Kunjungan Klub Perahu Naga Prague ke Tanjungpinang adalah menjalin silaturahmi dengan pemerintah Kota Tanjungpinang setelah mendapatkan bantuan dua unit perahu naga saat mengikuti "Tanjungpinang Dragon Boat Race" pada tahun 2008.

Karena sangat berkesan mengikuti lomba tersebut, mereka mempromosikan kota Tanjungpinang melalui gambar video mengenai pariwisata khususnya "Tanjungpinang Dragon Boat Race."

"Kami sangat senang dan berterima kasih. Mereka begitu apresiatif terhadap bantuan yang diberikan, bahkan gencar membuat berbagai perlombaan dan promosi pariwisata Tanjungpinang di Eropa," kata Walikota Tanjungpinang, Suryatati A Manan.(*)

Pewarta: jafar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Jaksa OTT Kadispar Lombok Barat

Komentar