Jakarta (ANTARA) - Berbagai berita ekonomi disiarkan Kantor Berita Antara pada Senin (31/8), dari PT Pertamina (Persero) yang mendiskon harga Pertalite sebesar Rp1.200 per liter, hingga Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang akan menegur maskapai Batik Air karena melanggar protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Berikut berita ekonomi yang masih menarik untuk dibaca pada Selasa (01/9) ini :


Pertamina diskon harga Pertalite

PT Pertamina (Persero) melakukan berbagai upaya untuk mendukung penggunaan BBM ramah lingkungan, salah satunya melalui pemberian diskon harga Pertalite sebesar Rp1.200 per liter.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan dari seluruh dunia, hanya tujuh negara termasuk Indonesia yang masih menggunakan bahan bakar di bawah RON 90 atau tergolong BBM oktan rendah.

Baca selengkapnya di sini


BNI dukung program Banpres Produktif Usaha Mikro

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mendukung program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif untuk usaha mikro sebagai salah satu upaya mendorong Program Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Dalam rangkaian HUT Kemerdekaan RI dan bagian dari Program PEN, BNI dipercaya Kementerian Koperasi dan UKM untuk menyalurkan Banpres Produktif pelaku usaha mikro sebesar Rp2,4 juta per orang," kata Direktur Treasuri dan Internasional BNI Putrama Wahju Setyawan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini

 

Kemenkeu catat realisasi PEN capai Rp192,53 triliun

Kementerian Keuangan mencatat realisasi penyerapan anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) hingga 26 Agustus 2020 mencapai Rp192,53 triliun atau 27,7 persen dari pagu anggaran mencapai Rp695,2 triliun.

Ini menunjukkan angka yang cukup menggembirakan, kata Kepala Pusat Kebijakan Sektor Keuangan Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Adi Budiarso dalam rapat dengar pendapat umum di Komisi VI DPR RI, Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini

LPS pertahankan bunga penjaminan rupiah di bank umum 5,25 persen

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mempertahankan tingkat bunga penjaminan (LPS Rate) untuk simpanan rupiah di bank umum sebesar 5,25 persen dan di Bank Perkreditan Rakyat (BPS) sebesar 7,75 persen, sedangkan bunga penjaminan untuk simpanan valas di bank umum sebesar 1,5 persen.

Tingkat bunga penjaminan yang berlaku saat ini dipandang masih sejalan dengan perkembangan suku bunga pasar simpanan serta kondisi likuiditas yang relatif stabil, kata Sekretaris LPS Muhamad Yusron di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini

Menhub bakal tegur Batik Air diduga langgar protokol kesehatan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bakal menegur maskapai Batik Air karena dinilai melanggar protokol kesehatan dalam mengoperasikan penerbangan di masa pandemi COVID-19.

Batik nanti akan kita tegur karena memang kadang-kdang di tengah COVID-19 orang suka khilaf, kata Menhub saat Rapat Kerja dengan Komisi V DPR di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020