Jakarta (ANTARA) - Di saat pandemi COVID-19 seperti saat ini, menjaga kesehatan buah hati sangatlah penting. Jika Anda khawatir dengan pemberian obat kimia berlebihan, penggunaan essential oil atau minyak atsiri, bisa jadi pilihan utama untuk meringankan gejala saat anak-anak sakit.

Founder Beauty Barn Indonesia Welly Ng dalam keterangan pers di Jakarta pada Selasa memaparkan pada dasarnya essential oil bisa diberikan pada bayi sejak usia nol bulan jika memiliki keluhan.

"Essential oil bisa diberikan dengan cara dihirup, dioles, dan diminum. Untuk penggunaan essential oil harus sangat hati-hati, terutama ketika diminum, sebab perlu adanya pengawasan dari dokter aroma terapis," kata dia yang menambahkan bahwa essential oil juga bisa dihirup dengan bantuan diffuser yang juga berfungsi untuk melembapkan udara.

Cara memberikan essential oil pada bayi harus menggunakan minyak pengantar yang dicampur essential oil dengan prosentase pemberian satu persen pada kulit bayi untuk mencegah iritasi.

"Minyak pengantar sebaiknya gunakan minyak nabati, seperti virgin coconut oil (VCO), minyak zaitun, atau minyak kelapa, jangan baby oil karena bisa menutup pori-pori," kata Welly yang memulai Beauty Barn dari pengalaman dia sendiri sebagai ibu dengan anak penderita alergi.

Ada beragam manfaat essential oil di antaranya untuk melancarkan pernapasan, meredakan pusing, membantu anak lebih fokus, mengatasi sulit tidur, dan mengatasi diare.

"Berbagai manfaat tersebut didapat karena essential oil merupakan senyawa dari tanaman. Minyak ini mampu meredakan gejala dan keluhan penyakit secara perlahan," katanya.

Essential oil bekerja dengan cara unik. Bukan untuk penyembuhan, tapi fungsinya adalah untuk mengembalikan titik tubuh kita ke posisi normal.

Sebagai pendiri produk lokal Beauty Barn, Welly memiliki cita-cita agar produk dia dapat dikenal sebagai produk kebanggaan Indonesia dengan kekayaan rempah-rempahnya.

Berawal dari rasa frustasinya saat melihat anak-anaknya mengalami alergi dan menyebabkan anaknya tergantung dengan obat-obatan pereda alergi, Welly Ng kemudian berhasil produk phytoterapy yang bermanfaat untuk meredakan alergi.

Kondisi yang mengharuskan ketergantungan pada obat membuat Welly Ng berusaha mencari jalan keluar dengan bekal percaya bahwa tanaman telah sejak dahulu menyediakan banyak formula untuk meredakan, memulihkan juga mencegah alergi.

"Tiga hal inilah yang kemudian diusung dalam produk-produk Beauty Barn yang terdiri dari bahan-bahan natural, aman juga efektif," ujar Welly.

Welly menjelaskan bahwa produknya bukanlah obat karena faktanya alergi memang tidak dapat disembuhkan, namun selama delapan tahun terakhir, Beauty Barn telah menjangkau banyak ibu yang menemukan kelegaan saat melihat anak mereka dapat menjalani masa kecil dengan bahagia tanpa dihambat oleh alergi.

Baca juga: Cara salah gunakan minyak esensial

Baca juga: Di tengah pandemik, Cynthia Lamusu berparfum minyak esensial cengkeh

Baca juga: Bolehkah bayi diberi wewangian? Ini kata ahli kesehatan

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020