Makassar (ANTARA News) - Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Djoko Susilo Utomo menilai, masyarakat Sulawesi sebagai masyarakat yang memiliki nasionalisme yang tinggi.

Penilaian tersebut diungkapkannya pada malam pengantar tugas menjelang akhir masa jabatan sebagai Pangdam VII Wirabuana di Makassar, Minggu.

Untuk itu, ia tidak merasa heran selama menjalani jabatannya sebagai pangdam wilayah tugasnya dikenal sebagai daerah yang daerah yang selalu diwarnai dengan unjuk rasa.

Namun demikian, menurutnya dinamika tersebut bisa diselesaikan dengan tuntas didukung oleh kesigapan kepolisian daerah serta kekompakan muspida.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, masyarakat dan prajurit yang telah mendukung selama ini," ujarnya yang menyatakan kalau posisi yang akan ditinggalkannya sebagai posisi terlama yang pernah ia jalani yaitu selama dua tahun dua bulan 20 hari.

Dalam kesempatan tersebut ia pun menyampaikan permohonan maaf atas kesalahan baik yang disengaja maupun tidak selama bertugas.

Ia berpesan agar para perwira dan prajurit di tidak pernah berhenti berpikir dan berbuat yang terbaik untuk satuan dan bangsa serta negara. Sementara untuk penggantinya, ia meyakinkan bahwa semua pihak akan membantunya menjalankan tugas di Kodam VII Wirabuana.

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo menilai Djoko Susilo Utomo sebagai sosok panglima yang tenang dalam mengendalikan suasana Sulawesi yang penuh dinamika.

Ia menilai, keberhasilan sulsel dalam bidang pertanian juga tidak lepas dari keterlibatan TNI selama ini

Sementara itu, calon penggantinya, Mayjen TNI Hari Krismono, juga menilai Djoko sebagai sosok yang berhasil meningkatkan kesejahteraan di bidang pertanian selama bertugas sehingga dijuluki sebagai "panglima pertanian".

Mayjen TNI Hari Krismono pada perkenalannya sekaligus meminta dukungan kepada seluruh komponen masyarakat untuk menjalankan tugas barunya.

Kepala Seksi Penerangan Umum Kodam VII Wirabuana, Mayor Infantri Yaya Nurwijaya mengatakan, malam pengantar tugas ini merupakan rangkaian acara dari serah terima jabatan dua hari mendatang.

Rencananya, pada Senin (18/1) akan digelar juga upacara tradisi penerimaan pangdam baru di Markas Kodam VII pukul 08.00 wita.

Pada Selasa (19/1) secara resmi Mayjen TNI Hari Krisnomo yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Logistik Kasad di Jakarta akan menjabat sebagai Pangdam VII Wirabuana.

Djoko Susilo Utomo selanjutnya akan menjabat Inspektorat Jendral Angkatan Darat di Jakarta. Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jendral TNI George Toisutta dijadwalkan akan hadir sebagai inspektur upacara pada serah terima jabatan tersebut.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010