Ketua MPR sampaikan duka cita gugurnya tenaga medis akibat COVID-19

Ketua MPR sampaikan duka cita gugurnya tenaga medis akibat COVID-19

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) saat membagikan perspektif memaknai merdeka dalam sarasehan kebangsaan DN-PIM secara virtual di Jakarta, Selasa (25-8-2020). (ANTARA/Abdu Faisal)

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan duka cita atas gugurnya 100 orang tenaga medis akibat terpapar virus corona jenis baru atau COVID-19.

Menurut Bamsoet, tenaga kesehatan yang telah berjuang menangani pandemi COVID-19 perlu dihargai dan dijadikan teladan.

"Saya turut berduka cita dan berharap agar perjuangan para nakes tersebut dapat dihargai serta menjadi teladan bagi masyarakat untuk mengedepankan sisi kemanusiaan dan bersama-sama menghadapi dan menanggulangi pandemi COVID-19," ujar Bamsoet dalam siaran pers di Jakarta, Selasa.

Dia meminta pihak rumah sakit agar memastikan seluruh tenaga kesehatan yang bertugas, khususnya dalam menangani pasien COVID-19, untuk menggunakan alat pelindung diri yang lengkap dan mematuhi seluruh protokol kesehatan, khususnya yang berlaku di rumah sakit.

Di sisi lain, pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan dan Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menurutnya, perlu berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia dan pihak rumah sakit, dalam memastikan ketersediaan kelengkapan, terutama APD dan sistem pendistribusiannya ke setiap nakes.

Bamsoet juga mendorong pihak rumah sakit melakukan penjadwalan kerja tenaga kesehatan secara efektif dan efisien guna menghindari adanya kerumunan orang dan menjaga stamina tenaga kesehatan agar tidak kelelahan dalam bekerja.

Baca juga: KSP: Tenaga medis yang meninggal adalah pahlawan kemanusiaan

"Sehingga mencegah terjadi penularan COVID-19 di lingkungan rumah sakit. Selain itu, perlu juga dilakukan penjadwalan untuk pemeriksaan rutin Polymerase Chain Reaction kepada setiap nakes," ujarnya.

Baca juga: Seorang tenaga medis di palembang meninggal dengan COVID-19

Bamsoet juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh tenaga kesehatan, baik dokter, perawat, dan seluruh petugas di rumah sakit, yang tengah berjuang menjadi garda terdepan dalam melawan COVID-19.

Baca juga: Perawat di Aceh Barat meninggal dunia diduga terinfeksi COVID-19

Pimpinan MPR berharap dan selalu mendoakan agar para tenaga kesehatan yang bertugas terlindungi dari COVID-19, selalu sehat dan tetap bersemangat dalam bekerja.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sidang Tahunan MPR, Bamsoet ajak seluruh elemen bangsa gotong royong hadapi COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar