Playoff NBA

Poin krusial Jokic bawa Nuggets akhiri perlawanan Jazz di Gim 7

Poin krusial Jokic bawa Nuggets akhiri perlawanan Jazz di Gim 7

Guard Denver Nuggets Jamal Murray (27) dan guard Utah Jazz Donovan Mitchell (45) saling menyelamati setelah Nuggets menang dalam tujuh game dalam babak pertama playoff NBA di Kompleks Olahraga ESPN Wide World di Lake Buena Vista, Florida, AS, pada 1 September 2020. (REUTERS/USA TODAY Sports/Kim Klement)

Jakarta (ANTARA) - Denver Nuggets berbalik memenangkan playoff setelah tertinggal 1-3 dengan mengakhiri petualangan Utah Jazz pada gim 7 babak pertama playoff Wilayah Barat di gelembung NBA di Orlando, Selasa waktu setempat berkat upaya terakhir Nikola Jokic pada 27,8 detik tersisa.

Kemenangan 4-3 mengantarkan unggulan ketiga Nuggets lolos ke babak kedua untuk menantang unggulan kedua Wilayah Barat Los Angeles Clippers, mulai Kamis malam waktu setempat, demikian lapor Reuters, Rabu.

Setelah unggulan keenam Utah menyamakan kedudukan 78-78 berkat dunk Rudy Gobert pada 47,5 detik terakhir, Nuggets membalas lewat Jokic yang menerobos pertahanan Jazz. Dan pemain Denver bertubuh besar itu menyeruak untuk melepaskan lemparan hook pendek dalam rangkaian poin-poin terakhir laga ini.

Baca juga: Murray cetak 50 poin saat Nuggets paksa Jazz mainkan gim ketujuh
Baca juga: Boston Celtics unggul 2-0 atas Toronto Raptors

Saat menang tiga gim berturut-turut itu setelah sempat tertinggal 1-3, Nuggets berhasil sekalipun cuma mendapatkan sumbangan 17 poin dari Jamal Murray yang mengalami cedera paha karena bertabrakan dengan pemain Utah Joe Ingles pada kuarter kedua.

Jokic memimpin Nuggets dengan poin tertinggi dalam laga ini dengan 30 poin, yang tuntas dengan double-double setelah juga mencetak dua digit rebound pada 14 rebound.

Michael Porter Jr mempersembahkan 10 poin setelah masuk sebagai pemain pengganti untuk Denver yang menang sekalipun memiliki efektivitas lemparan cuma 37,3 persen dan hanya mencetak 30 poin pada paruh kedua.

Setelah start lamban Mitchell memimpin Jazz dengan 22 poin setelah berhasil pada sembilan dari 22 lemparan, sedangkan Gobert melesakkan 19 poin ditambah rebound tertinggi laga ini dengan 18 rebound.

Baca juga: Butler bawa Heat ungguli Bucks di gim pertama semifinal Timur

Mitchell memasukkan sepasang lemparan tiga angka dari delapan kesempatan yang membuat dia sukses pada 33 lemparan tiga angka dalam tujuh laga sehingga memecahkan 32 lemparan tiga angka Stephen Curry dalam satu satu seri playoff pada 2016. Murray juga memasukkan 32 lemparan tiga angka dalam babak pertama seri playoff ini.

Jordan Clarkson menyumbangkan 10 poin untuk Utah yang sebelumnya tak pernah kalah pada playoff ketika sudah memegang kendali 3-1.

Conley dan Gobert membuat Utah melesat 8-0 saat memulai kuarter keempat dan membawa Jazz untuk pertama kalinya unggul sejak kuarter pertama dengan 68-65.

Denver merestorasi keunggulan empat poin lewat dua hoop berturut-turut Murray yang terakhir dilakukannya saat mengubah kedudukan 78-74 pada 1 menit 43 detik terakhir.

Utah menyamakan kedudukan 78-78 pada 47,5 detik terakhir berkat hoop Royce O'Neal dan Gobert yang keduanya mendapatkan assist dari Conley.

Baca juga: Brandon Ingram dinobatkan Most Improved Player NBA2019/20
Baca juga: Schroeder, Tucker didenda NBA gara-gara cekcok di lapangan

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar