Kami berduka untuk pahlawan kami tenaga medis, garda terdepan, pejuang, yang meninggal dunia saat menangani COVID-19.
Jakarta (ANTARA) - Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyatakan pihaknya berbelasungkawa atas meninggalnya ratusan tenaga medis yang menangani COVID-19.

Wiku dalam konferensi pers dengan media asing di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, menyatakan tenaga medis adalah pahlawan.

"Kami berduka untuk pahlawan kami tenaga medis, garda terdepan, pejuang, yang meninggal dunia saat menangani COVID-19," ujar Wiku di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan Satgas Penanganan COVID-19 dan Kementerian Kesehatan memberikan perhatian penuh atas banyaknya tenaga medis yang gugur dalam menangani COVID-19.

Baca juga: Satgas COVID-19 sebut kasus positif mingguan naik 32,9 persen

Satgas menyadari bahwa angka positif COVID-19 terus meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Seiring dengan hal itu, sejumlah rumah sakit saat ini juga dipenuhi pasien COVID-19.

Satgas Penanganan COVID-19 berupaya memindahkan pasien COVID-19 ke Wisma Atlet untuk mengurangi beban tenaga medis di rumah sakit.

Sebelumnya Presiden Jokowi juga mengucapkan belasungkawa atas wafatnya para tenaga medis yang menangani COVID-19.

Presiden meminta masyarakat mematuhi protokol kesehatan agar rumah sakit dan tenaga medis tidak kewalahan menangani banyaknya pasien COVID-19.

Baca juga: Satgas COVID-19: WHO tekankan cegah nasionalisasi vaksin

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020