Jakarta (ANTARA) - Pebalap Team JUMBO-VISMA Wout van Aert memenangi etape lima Tour de France, Rabu, pada balap berjarak 183 kilometer yang tidak menghasilkan breakaway sama sekali.

Van Aert menyelesaikan balapan dari Gap menuju Privas itu dengan catatan waktu 4 jam 21 menit 22 detik, demikian catatan laman resmi Tour de France.

Pebalap Team Sunweb Cees Bool berada di urutan kedua dengan catatan waktu yang sama dengan Van Aert, begitu pula Sam Bennett yang berada di urutan ketiga.

Baca juga: Klasemen sementara Tour de France setelah etape empat

Bagi Bennett, etape ini juga menjadi istimewa karena ia berhasil merebut kaus hijau sebagai penanda raja tanjakan. Ia merupakan pebalap Irlandia pertama yang kembali mengenakan kaus hijau, setelah Sean Kelly mencatatkan keberhasilan serupa 31 tahun silam.

"Mungkin ini merupakan etape paling mudah yang pernah saya lakukan dalam balap sepeda, karena tidak ada break, tidak ada kecepatan tinggi," kata Van Aert seperti dikutip Reuters.

Pebalap Belgia Van Aert pada etape empat melakukan pekerjaan berat untuk membantu rekan setimnya Primoz Roglic menjadi pemenang.

"Namun pada akhirnya semua orang banyak menekan dan terjadi situasi kacau. Saya tahu ini adalah etape yang cocok untuk saya dan saya gembira mendapat kesempatan dari tim untuk melaju, dan dapat menyelesaikannya merupakan hal yang manis," tambahnya.

Baca juga: Alaphilippe menangi etape dua TdF sekaligus rebut kaus kuning

Pemegang kaus kuning Julian Alaphilippe mampu finis dengan posisi yang baik untuk selama beberapa waktu mengamankan posisinya di pucuk klasemen umum.

Namun ia kedapatan mengambil botol air minum saat balapan tinggal menyisakan 17 kilometer lagi. Hal itu melanggar peraturan TdF dan dinyatakan merupakan "illegal feeding."

Alaphilippe pun dijatuhi penalti 20 detik yang otomatis mendepaknya dari pucuk klasemen.

"Kami sekarang sedang memeriksanya, namun kelihatannya saya mengambil botol di tempat yang semestinya saya tidak diperkenankan melakukannya," kata Alaphilippe.

Baca juga: Kristoff menangi etape pembuka Tour de France kala para rival tumbang
Baca juga: Ewan menangi etape tiga TdF setelah menggebrak dari belakang

Baca juga: Pinot dan Bernal masih mengintai setelah empat etape Tour de France

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020