Jakarta (ANTARA) - Rhinoplasty atau operasi hidung merupakah salah satu bedah plastik kosmetik yang paling populer di Amerika Serikat.

Dikutip dari laman resmi New York Facial Plastic Surgeon, tempat Jaksa Pinangki Sirna Malasari disebut melakukan operasi hidung, prosedur rhinoplasty umumnya membantu pasien memperbaiki ukuran, bentuk dan tampilan keseluruhan hidung.

Sebagian besar operasi hidung dilakukan untuk tujuan kecantikan. Namun, ketika ada masalah pernapasan, operasi hidung juga jadi solusi untuk memperbaiki struktur hidung dan membantu mengatasi masalah terkait pernapasan.

Biaya rata-rata operasi hidung di klinik tersebut berkisar antara 10.000 - 30.000 dolar AS, alias Rp147,6 juta hingga Rp443 juta.

Baca juga: Sosok dokter bedah plastik yang mengoperasi hidung Jaksa Pinangki

Biaya dipengaruhi oleh keahlian sang dokter, tingkat kesulitan operasi, bedah primer atau revisi, kebutuhan pencangkokan tulang rawan, fasilitas bedah hingga lokasi geografis.

Operasi hidung yang dilakukan dokter bedah yang terampil dapat memperbaiki keseimbangan dan harmoni wajah, mendorong kepercayaan diri pasien.

Dalam laman resmi tersebut, disebut bahwa dokter Andrew Jacono yang mengoperasi Jaksa Pinangki dikenal dengan hasil operasi yang terlihat alami.

Operasi hidung adalah bedah yang dilakukan untuk mengubah bentuk hidung atau memperbaiki fungsinya.

Dikutip dari Healthline, operasi hidung bisa dilakukan atas dasar ingin memperindah penampilan, tapi bisa juga dilakukan atas dasar kesehatan, yakni masalah pernapasan yang berhubungan dengan hidung atau kerusakan bentuk hidung akibat cacat lahir atau benturan.

Perubahan dalam operasi hidung meliputi perubahan ukuran, sudut, menegakkan batang hidung, membentuk ujung hidung dan menyempitkan lubang hidung.

Baca juga: Risiko dan manfaat operasi hidung

Baca juga: TL Plastic Surgery Korea hadirkan teknologi 3D untuk perbaikan prosedur Rhinoplasty

Baca juga: Pasar bedah kosmetik China sedang "booming"

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020