Masyarakat Papua terima bantuan COVID-19

Masyarakat Papua terima bantuan COVID-19

Masyarakat Papua terdampak pandemi COVID-19 di Kelurahan Imbi, Distrik Jayapura Utara, Provinsi Papua mendapatkan bantuan bahan. ANTARA/HO-YIIM

Jakarta (ANTARA) -
Masyarakat Papua terdampak pandemi COVID-19 di Kelurahan Imbi, Distrik Jayapura Utara, Papua, mendapatkan bantuan bahan pokok untuk meringankan beban masyarakat.
 
Ketua Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) dalam rilisnya yang diterima di Jakarta, Kamis, mengatakan bahwa kegiatan sosial tersebut dapat membantu 50 kepala keluarga (KK) masyarakat asli Papua.
 
"YIIM bersyukur pada masa pandemi COVID-19, kami dapat terus melayani masyarakat, kali ini kami punya kesempatan berbagi dengan masyarakat Papua," katanya.

Baca juga: Kepala daerah diimbau tidak tumpangi bantuan COVID dengan politik
 
Paket yang dibagikan terdiri atas beras, minyak, telor, teh, kopi, gula, sarden ikan kaleng, mi instan, biskuit, masker, vitamin, dan susu.
 
Untuk menghindari kerumunan, panitia di lokasi hanya mengundang perwakilan masyarakat sebanyak 10 orang untuk menerima simbolik dan sisanya dibagikan dari rumah ke rumah warga yang sudah didaftar sebelumnya.
 
YIIM juga berharap agar ke depannya bisa melakukan pelatihan wirausaha untuk masyarakat asli Papua dengan materi pelatihan yang biasa diselenggarakan oleh YIIM, yaitu pelatihan barista, barber, cuci servis ac, kuliner, dan sablon pakaian.
 
"Semoga ke depan banyak mitra yang mendukung rencana YIIM untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat asli Papua," katanya.
 
Bantuan sosial pada masa pandemi COVID-19 merupakan bagian dari rangkaian bantuan sebelumnya yang dijalankan oleh YIIM dan PT Insight selama Maret hingga saat ini.

Baca juga: Pemerintah berencana luncurkan program subsidi gaji pekerja 25 Agustus
 
Beberapa bantuan yang pernah disalurkan, di antaranya penyemprotan disinfektan ditempat umum dan rumah ibadah bekerja sama dengan PMI Jakarta Selatan, pembagian paket sembako untuk pekerja informal, dan masyarakat prasejahtera di wilayah Jabodetabek.
 
Bantuan kuota internet mengajar untuk guru di 13 sekolah di wilayah Jabodetabek, bantuan alat tulis untuk siswa kurang mampu, dan bantuan sosial lainnya untuk panti asuhan, pesantren, serta masyarakat Tionghoa prasejahtera di sekitar Viharar Khema, Mangga Besar, Jakarta Barat.
 
Koordinator acara di lokasi Haritje mengatakan bahwa masyarakat memberikan apresiasi terhadap bantuan yang diberikan pada masa pandemi itu.
 
"Kami terharu, dan kami berterima kasih atas bantuan ini, biar Tuhan yang membalas kebaikan YIIM dan PT Insight. Bantuan ini sangat berguna bagi kami, apalagi pada masa pandemi COVID-19, masyarakat sangat bahagia,” kata Haritje.

Baca juga: Archi Indonesia beri bantuan mobil laboratorium PCR ke Pemprov Sulut
 
Sementara itu, perwakilan PT Insight Investments Management Budy Cahaya menyampaikan rasa syukur karena dapat berbagi untuk meringankan beban masyarakat.
 
"PT Insight dan YIIM bersyukur bantuan kami dapat menjangkau masyarakat asli Papua di Kelurahan Imbi, Distrik Jayapura, semoga pemberian kami bermanfaat," ujarnya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menkop-UKM dorong UMKM beradaptasi dengan pola baru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar