Jakarta (ANTARA) - Pemilik tim Liga Premier Inggris Manchester City telah membeli mayoritas saham tim divisi kedua Prancis Esperance Sportive Troyes Aube Champagne (ESTAC), ungkap City Football Group (CFG) dalam sebuah pengumuman, Kamis.

Selain Manchester City, CFG saat ini telah memiliki sembilan klub termasuk tim Major League Soccer New York City dan tim Italia Girona.

CGF membeli sebagian besar saham ESTAC dari pemilik sebelumnya yaitu Daniel Masoni. Seorang pengusaha asal Prancis juga telah membeli saham minoritas dan akan masuk jajaran dewan klub tersebut.

"Kami memiliki ketertarikan pada sepak bola Prancis untuk beberapa waktu dan telah lama mengagumi ESTAC, jadi kami senang telah menyelesaikan akuisisi klub ke-10 kami dan memiliki tempat permanen di Prancis," kata CEO perusahaan tersebut Ferran Soriano seperti dikutip Reuters.

"Ini adalah sebuah pencapaian bagi CFG dan menunjukkan bagaimana model kami terus beradaptasi serta tumbuh dalam waktu yang relatif singkat."

Baca juga: Messi kabarnya sudah sepakati kontrak Rp12,2 triliun di City

ESTAC, didirikan pada 1986 dan lebih dikenal sebagai Troyes. Mereka pernah memenangkan Piala Intertoto pada 2001 dan mengangkat gelar Ligue 2 pada 2014-2015 sebelum terdegradasi dari Ligue 1 musim berikutnya.

Mereka bermarkas di stadion Stade de l'Aube yang berkapasitas 20.400 penonton. Tim ini menduduki urutan keempat Ligue 2 ketika musim 2019-20 berakhir karena pandemi COVID-19.

Saham mayoritas CFG dimiliki oleh Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan dari Abu Dhabi.

Berikut ini daftar lengkap klubnya yang dimiliki oleh CGF:

Manchester City (Inggris)
New York City (Amerika Serikat)
Melbourne City (Australia)
Yokohama F Marinos (Jepang)
Montevideo City Torque (Uruguay)
Girona (Italia)
Sichuan Jiuniu (China)
Mumbai City (India)
Lomsel SK (Belgia)
ESTAC (Prancis)

Baca juga: Maaf Barca, Eric Garcia tak mau tinggalkan Manchester City

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020