Jazilul tekankan pentingnya pahami rukun berbangsa dan bernegara

Jazilul tekankan pentingnya pahami rukun berbangsa dan bernegara

Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid (tengah) hadir dalam acara sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Wana Wisata Alam, d’Reungit Forest, Cianjur, Jawa Barat, Kamis (3/9). (Istimewa)

Rukun dalam berbangsa dan bernegara adalah 4 Pilar. Semua warga negara harus tahu rukun yang ini
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid menekankan pentingnya bagi semua masyarakat untuk memahami rukun berbangsa dan bernegara yaitu 4 Pilar MPR RI seperti Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

"Rukun dalam berbangsa dan bernegara adalah 4 Pilar. Semua warga negara harus tahu rukun yang ini," kata Jazilul dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Jazilul: Santri berperan penting dalam perjuangan bangsa
Baca juga: MPR ajak masyarakat perketat protokol kesehatan saat pandemi


Hal itu dikatakannya dalam acara sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Wana Wisata Alam, d’Reungit Forest, Cianjur, Jawa Barat, Kamis (3/9).

Dia mengatakan terciptanya Pancasila sebagai dasar negara, ada peran dari para tokoh umat Islam. "Sila I Pancasila merupakan bukti hadirnya tokoh umat Islam dalam menciptakan Pancasila,” tuturnya.

"Karena itu apabila tidak percaya kepada Tuhan maka mereka disebut bertentangan dengan Pancasila," ujarnya.

Jazilul yang disapa Gus Jazil itu menjelaskan, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, seluruh warga negara harus mengacu pada UUD NRI Tahun 1945.

Menurut dia, tata laku dalam bermasyarakat diatur dalam konstitusi dan peraturan perundangan-undangan di bawah UUD, mulai dari soal perkawinan, pendidikan, berpolitik, semua ada undang-undangnya.

"Namun semua aturan tersebut harus tunduk pada UUD," ujarnya.

Dia mengatakan, Indonesia sebagai bangsa yang besar, terdiri dari ribuan pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, dari Talaud hingga Rote.

Menurut dia, dari seluruh penjuru Indonesia tersebut, terdapat penduduk yang memiliki ragam agama, budaya, bahasa, dan keragaman lainnya.

"Paling penting keragaman yang ada hidup di bawah NKRI. Keragaman yang ada diikat dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika," katanya.

Menurut dia, tugas MPR adalah memastikan masyarakat mengerti dan melaksanakan 4 Pilar karena Indonesia merdeka mempunyai tujuan untuk melindungi segenap tumpah darah, mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan dan perdamaian abadi.

Hadir dalam acara sosialisasi MPR RI tersebut antara lain anggota MPR Fraksi PKB yaitu Neng Eem Marhamah Zulfa dan Cucun Ahmad Syamsurijal.

Baca juga: HNW kecam penerbitan ulang kartun Nabi Muhammad
Baca juga: MPR ajak masyarakat hindari praktik politik uang dalam demokrasi


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Wakil Ketua MPR RI ajak saling peduli di tengah pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar