AsiaNet 85348

Tokyo, 2 September 2020 (Antara/Kyodo JBN, AsiaNet) - 

- Bertekad Membantu Penyandang Disabilitas Kaki Mewujudkan Keinginannya untuk Berdiri dan Berjalan Sendiri -

Komite Eksekutif Tantangan Inovasi Global tersebut telah meluncurkan "Tantangan Inovasi Global 2021 - Penghargaan Robot Bantuan Hidup" dengan tema memastikan bantuan hidup bagi penyandang disabilitas dengan tujuan mencapai masyarakat di mana orang tidak perlu sadar akan adanya disabilitas.

(Logo:

(Gambar:

Inisiatif Tantangan Inovasi Global

- Membantu penyandang disabilitas kaki mewujudkan keinginannya untuk berdiri dan berjalan sendiri

Semakin banyak orang di dunia yang membutuhkan bantuan hidup karena usia lanjut, penyakit dan cedera yang mereka derita karena kecelakaan, di antara faktor-faktor lainnya. Meskipun pemberi dan penerima bantuan diharuskan memikul beban mental, fisik, dan keuangan tertentu, investor belum terlalu antusias berinvestasi dalam pengembangan robot untuk kesehatan dan kesejahteraan karena pasar untuk bidang ini relatif sedikit.

- Struktur sosial yang mempersulit pencapaian keseimbangan permintaan-penawaran untuk pilihan-pilihan baru untuk membantu penyandang 
disabilitas memperluas ruang lingkup kehidupan mereka 

Perbaikan infrastruktur publik dan promosi akses bebas hambatan sekarang memungkinkan para penyandang disabilitas kaki untuk menjalani kehidupan sehari-hari mereka sendiri lebih jauh jika mereka memiliki kursi roda. Namun, kegiatan mereka menjadi terbatas di daerah di mana lingkungan seperti itu belum berkembang dengan baik. Misalnya, jika penyandang disabilitas kaki mengunjungi rumah temannya yang belum dibuatkan penghalang seperti rumah sendiri, maka aktivitasnya akan terhambat. Mereka dapat bepergian dengan menggunakan kursi roda, menerima bantuan dari orang lain dan menggunakan peralatan pendukung untuk berjalan, tetapi banyak dari mereka ingin berdiri dan berjalan sendiri. Terlepas dari apakah infrastruktur publik yang memadai tersedia dan akses bebas hambatan tersedia, penyelenggara inisiatif tersebut percaya bahwa robot yang membantu orang berjalan sendiri akan memungkinkan mereka yang memiliki disabilitas kaki untuk menikmati kehidupan sehari-hari yang lebih bebas dengan cara mereka sendiri menuju kehidupan yang lebih baik.

- Pembentukan Penghargaan Robot Bantuan Hidup

Penghargaan Robot Bantuan Hidup telah ditetapkan untuk memastikan bahwa robot inovatif yang membantu orang-orang di kursi roda akan menggunakan fungsi sisa sepenuhnya untuk berjalan sendiri atas kemauan sendiri akan digunakan secara luas di seluruh dunia. Penghargaan ini akan mendukung mereka yang terlibat dalam penelitian dan pengembangan robot serupa di seluruh dunia.

- Pesan dari Tatsufumi Kamimura, ketua Komite Eksekutif Tantangan Inovasi Global

"Sains dan teknologi terus berkembang pesat. Ponsel pintar telah mewujudkan banyak hal yang sebelumnya dianggap hanya sebagai mimpi. Kehidupan sehari-hari dan aktivitas bisnis kita bergerak dengan kecepatan yang semakin pesat dan kita hidup di dunia di mana kita dapat mencoba hal-hal baru. Namun, sekali orang menjadi cacat fisik karena kecelakaan atau penyakit, mereka merasa sulit untuk menjalani kehidupan biasa.

"Kami menetapkan penghargaan ini karena kami percaya bahwa kami dapat menciptakan dunia di mana orang tidak perlu sadar akan (adanya) disabilitas dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang di bidang kesehatan dan kesejahteraan serta mendukung para insinyur di bidang ini.

"Kami akan senang jika penghargaan ini membantu mereka yang terlibat dalam penelitian dan pengembangannya di seluruh dunia."

- Tinjauan Tantangan Inovasi Global – Penghargaan Robot Bantuan Hidup

Penghargaan ini diberikan kepada organisasi yang mengembangkan robot yang membantu para penyandang disabilitas kaki untuk berjalan sendiri. Secara khusus, panitia akan memuji organisasi yang telah mengembangkan robot yang memungkinkan penyandang disabilitas kaki untuk berjalan sendiri dan mendukung gerakan mereka dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Selain itu, hadiah uang akan diberikan kepada organisasi tersebut untuk mendukung penelitian dan pengembangan mereka.

Kualifikasi:
Organisasi yang mengembangkan robot yang membantu orang yang tungkai bawahnya lumpuh untuk berjalan sendiri.

Kriteria pemilihan:
Penyelenggara akan menyiapkan tujuh asumsi skenario kehidupan sehari-hari dan menilai apakah robot yang masuk dalam kontes dapat memungkinkan penyandang cacat fisik berjalan sendiri di setiap adegan/skenario.

Jumlah hadiah uang:
Bisa mencapai salah satu tugas yang diberikan / mencapai beberapa tugas yang diberikan / mencapai semua tugas yang diberikan
1 juta dolar AS (sekitar 100 juta yen) total jumlahnya.

Susunan acara:
Periode pendaftaran: dari 1 September 2020 hingga 28 Februari 2021
Pengumuman hasil skrining: 1 Juli 2021
Upacara penghargaan & demonstrasi robot pemenang: 5 September 2021 (belum pasti) di GIC Tsukuba Innovation Center
* Semua jadwal dalam siaran pers ini didasarkan pada Waktu Standar Jepang (JST, UTC+9).

Penyelenggara: Global Innovation Challenge Executive Committee

Sponsor khusus: TKF Inc.
Sponsor: JTB Corp.
Kolaborator: Pemerintah Kota Tsukuba/Mizuho Bank, Ltd.
Pendukung: Aioi Nissay Dowa Insurance Co., Ltd.

Situs resmi:

Panduan aplikasi terperinci dapat diunduh dari situs web berikut:

Video konsep:

Video promosi:

Akun Facebook resmi:

Sumber: Global Innovation Challenge Executive Committee

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2020