Jakarta (ANTARA) - China memang menjadi pasar yang penting bagi industri otomotif di dunia, salah satunya Volkswagen yang baru saja menghadirkan kendaraan SUV Volkswagen Tiguan X coupe yang foto resminya sudah banyak beredar.

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China, tidak sepenuhnya memberikan informasi tentang kehadiran mobil itu, sehingga membuat banyak orang menjadi penasaran.

Mobil itu hadir dengan bagian depan yang mengadopsi SUV Tiguan 2021, varian yang pipih ini terlihat sangat berbeda mulai dari pilar B ke belakang. Dari tengah kendaraan memiliki garis atap yang turun drastis ke arah belakang, menggabungkan layar belakang gagah yang diakhiri dengan spoiler yang halus.

Tiguan X sudah mengadopsi lampu belakang yang berbeda dengan Tiguan biasa, sehingga menampilkan ciri khas yang berbeda dan bilah bercahaya yang menyatukan mereka. Huruf 'Tiguan X' diterapkan di tengah strip lampu, dengan pintu belakang juga menampilkan nama model China di kiri dan varian powertrain di kanan.

Baca juga: SUV listrik Volkswagen ID 4 mulai diproduksi di Jerman

Baca juga: Volkswagen akan uji kendaraan otonom mereka di Hefei, China
Vw Tiguan X Coupe China (ANTARA/Volkswagen)


Gambar yang beredar itu adalah varian '380 TSI 4Motion' yang ditenagai oleh unit bensin 2.0 liter TSI turbocharged dengan daya 217 HP dan torsi 380 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi dual-clutch DSG tujuh kecepatan dan AWD 4Motion.

Dikutip dari CarsCoops, Jumat, pilihan lainnya adalah TSI 2.0 liter dengan tenaga 186 PS (183 HP) dan torsi 330 Nm (243 lb-ft), dihubungkan ke DCT yang sama.

Tiguan X ini terlihat sudah memakai paket eksterior R Line seperti yang ditunjukkan oleh huruf "R" di gril depan, serta bumper dan roda yang lebih besar. Dikembangkan dan dibangun oleh usaha patungan SAIC-VW.

Hasilnya, mboil ini memiliki dimensi panjang 185,6 inci (4.764 mm), lebar 73,2 inci (1.859 mm), dan tinggi 64,1 inci (1.628 mm), dengan jarak sumbu roda sepanjang 109,9 inci (2.791 mm).

VW Tiguan X akan debut di China akhir tahun ini dan kemungkinan akan tetap eksklusif untuk pasar terbesar di dunia.

Baca juga: Tiga pabrik lintas benua akan produksi SUV listrik Volkswagen

Baca juga: Volkswagen produksi mobil listrik dan paket baterai di AS

Baca juga: Volkswagen copot kepala divisi "software" terkait ID.3 dan Golf 8
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020