Sepak Bola Nasional

Shin Tae-yong: laga kontra Bulgaria tak mudah bagi timnas U-19

Shin Tae-yong: laga kontra Bulgaria tak mudah bagi timnas U-19

Manajer pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (kiri) memberikan keterangan kepada pewarta terkait timnas U-19 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (20/8/2021). Timnas U-19 dipastikan menjalani latihan di Kroasia mulai akhir Agustus 2020 sebagai bagian dari persiapan menuju Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan. (ANTARA/Michael Siahaan)

Pertandingan besok tidak mudah bagi kami
Jakarta (ANTARA) - Manajer pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengatakan bahwa laga kontra Bulgaria pada Sabtu (5/9) di Kroasia tidak akan berjalan mudah bagi timnas U-19.

Alasannya, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Jumat, Bulgaria memiliki pemain dengan kualitas bagus dan postur tubuh yang lebih baik dari anak-anak asuh Shin Tae-yong.

"Bulgaria secara postur tubuhnya besar dan tinggi. Secara fisik juga staminanya bagus. Pertandingan besok tidak mudah bagi kami. Namun memang kami TC ke Eropa untuk mencari pengalaman dan melihat perkembangan tim," ujar Shin.

Juru taktik asal Korea Selatan itu menyebut, timnas U-19 masih terus berproses menjadi tim yang matang baik secara fisik, mental maupun taktik.

Di Kroasia, Amiruddin Bagas dan kawan-kawan terus ditempa dengan menu latihan yang menguras stamina.

Beratnya latihan tersebut, seperti dikatakan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, sampai membuat ada pemain timnas U-19 yang pingsan dan cedera.

Baca juga: Shin Tae-yong tingkatkan porsi latihan timnas U-19 di Kroasia
Baca juga: Latihan keras di Kroasia membuat pemain timnas U-19 pingsan


"Saat ini kami sedang menjalani latihan dengan intensitas yang tinggi dengan menu fisik yang sangat keras. Kami pun harus membentuk mental dan intinya tim ini masih berproses," tutur Shin.

Timnas U-19 Indonesia berada di Kroasia sejak Minggu (30/8) untuk menjalani pemusatan latihan (TC) dan dijadwalkan berada di sana selama satu bulan.

Di sana, selain menjalani latihan, timnas U-19 dijadwalkan mengikuti turnamen persahabatan internasional U-19 pada 5-11 September 2020.

Baca juga: Shin Tae-yong tetapkan 30 pemain timnas U-19 untuk TC Kroasia
Baca juga: Timnas U-19 langsung berlatih setelah tiba di Kroasia


Kompetisi itu diikuti oleh empat negara yaitu Indonesia, Kroasia, Bulgaria dan Arab Saudi.

Pertandingan pertama Indonesia di kompetisi tersebut adalah melawan Bulgaria pada Sabtu (5/9) malam. Kemudian mereka menghadapi tuan rumah Kroasia pada Selasa (8/9) dan menjajal kekuatan Arab Saudi pada Jumat (11/9).

Di luar itu, ada pula pertandingan uji coba menghadapi beberapa kesebelasan seperti timnas U-19 Qatar, Bosnia dan Herzegovina serta tim muda Dinamo Zagreb.

Baca juga: Timnas U-19 bakal hadapi tim dua negara Eropa dan Arab Saudi

TC itu digelar sebagai persiapan menuju Piala Asia U-19 yang berlangsung di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020. Namun, berdasarkan kabar terkini, ada kemungkinan turnamen tersebut ditunda oleh AFC karena pandemi COVID-19.

Setelah Piala Asia U-19, timnas U-19 diproyeksikan untuk berkompetisi di Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang dilaksanakan pada 20 Mei-12 Juni 2021 di Indonesia.

Baca juga: PSSI: pengunduran jadwal turnamen di Kroasia baik untuk timnas U-19
Baca juga: Witan: adaptasi pemain timnas U-19 di Kroasia berjalan lancar
Baca juga: Ketua Umum PSSI minta timnas U-19 tak hiraukan isu naturalisasi pemain

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kalah telak, Hongkong sanjung kualitas Timnas Indonesia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar