Rembang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, menerima pendaftaran dua bakal pasangan calon Pilkada 2020, yakni pasangan Harno dan Bayu Andriyanto serta pasangan Abdul Hafidz dan Mochamad Hanies Cholil Barro, Jumat.

Bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Rembang yang pertama mendaftarkan diri, yakni pasangan Harno dan Bayu Andriyanto yang merupakan petahana menuju KPU Rembang dengan berjalan kaki yang tiba di kantor KPU sekitar pukul 08.00 WIB.

"Selang dua jam, disusul bakal pasangan calon Abdul Hafidz dan Mochamad Hanies Cholil Barro yang juga mendaftarkan diri ke KPU Rembang pada pukul 10.00 WIB," kata Ketua KPU Kabupaten Rembang M Ika Iqbal di Rembang, Jumat.

Baca juga: KPU: Realokasi dana Pilkada Rembang tunggu petunjuk Kemendagri

Untuk pasangan Harno dan Bayu Andriyanto diusung lima partai politik, yakni Partai Demokrat, Partai Nasdem, Partai Hanura, PKS, dan Partai Gerindra.

Sedangkan pasangan Abdul Hafidz dan Mochamad Hanies Cholil Barro diusung PPP, PKB, Partai Golkar, dan PDI Perjuangan.

Hasil verifikasi berkas persyaratan dari masing-masing pasangan bakal calon, kata dia, baik dokumen pencalonan maupun dokumen bakal calon dinyatakan lengkap.

"Kedua bakal pasangan calon juga mendapatkan tanda terima berkas yang telah diverifikasi oleh KPU," ujarnya.

Baca juga: Ketua DPC PDIP Rembang maju pilkada lewat PPP

Tahapan selanjutnya, menurut dia, akan dilakukan verifikasi termasuk menjalani tes kesehatan.

Hasilnya akan diumumkan pada tanggal 11 September 2020, sedangkan hasil verifikasi berkas pendaftaran pada tanggal 14 September 2020.

Sementara itu, bakal calon Bupati Rembang Harno mengatakan sudah menyerahkan semua persyaratan administrasi bakal calon bupati dan wakil bupati.

"Alhamdulillah sudah lengkap dan diterima. Langkah selanjutnya kerja, kerja, dan kerja, semaksimal mungkin untuk Kabupaten Rembang," katanya.

Baca juga: Bawaslu Jateng siapkan strategi pengawasan penyusunan daftar pemilih

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Pemenangan Harno-Bayu Gunasih menyatakan optimistis pasangan yang diusungnya mampu mendulang suara di seluruh wilayah di Kabupaten Rembang.

"Kami tentu akan tetap berupaya keras agar dukungan suaranya bisa maksimal. Tim pemenangan juga sudah terbentuk hingga tingkat RT," ujarnya.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020