Jakarta (ANTARA) - Menyambut peringatan Hari Olahraga Nasional (2020), Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menandatangani nota kesepahaman (MoU) pengembangan industri dan pariwisata olahraga bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Kementerian Perindustrian.

Penandatanganan yang juga dihadiri Menperin Agus Gumiwang dan Wakil Menteri Parekraf Angela Tanoesoedibjo tersebut dimaksudkan dalam rangka pengembangan program kepemudaan dan keolahragaan melalui kepariwisataan dan ekonomi kreatif.

"MoU ini merupakan kerja sama antar tiga kementerian, bertujuan mendorong supaya pariwisata yang terkait kegiatan keolahragaan semakin terintegrasi dan semakin baik. Tentu kita harus bisa berkolaborasi bersama. Tak bisa kita dorong sendiri-sendiri," kata Menpora Zainudin dalam rilis resmi Kemenpora, Jumat.

Baca juga: Menpora sebut Haornas momen tingkatkan kebugaran di tengah pandemi

"Hal yang sama juga diungkapkan Kementerian Perindustrian, ternyata yang disampaikan tadi banyak hal yang berkaitan dengan keolahragaan pada sektor indsutri. Nah, kita harus bangga dengan produk dalam negeri," katanya menambahkan.

Pada kesempatan tersebut, Menpora RI juga meminta kepada pihak terkait untuk melakukan sosialisasi kepada seluruh cabang olahraga terkait MoU ini agar dampak baiknya bisa sampai ke masyarakat.

Penandatanganan MoU ini juga bagian dari menyambut Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020 yang akan diperingati pada 9 September di Jakarta. Haornas tahun ini mengangkat tema "sport science, sport tourism, dan sport industry".

Baca juga: Jelang Haornas, Kemenpora dorong penerapan sport science di Tanah Air

"Peringatan Haornas 2020 memang berbeda dengan sebelumnya. Dulu pasti dilakukan di daerah. Tapi karena pandemi COVID-19, maka tahun ini dilakukan di Jakarta. Meski demikian, semangat kita tidak boleh surut. Sekarang kita melakukan kegiatan luar biasa. Kita mendorong tiga tema sekaligus yaitu sport science, sport tourism, dan sport industry," ujar Menpora.

Dari tema besar tersebut, Menpora RI juga punya harapan ingin meningkatkan kebugaran di tengah masyarakat, yaitu dengan berolahraga.
Tak hanya itu, dengan tema tersebut, diharap bisa membangkitkan ekonomi masyarakat.

"Saya ingin MoU ini tak sekadar acara resmi, tapi harus kita kawal. Kegiatan ini juga akan kita laporkan ke Pak Presiden (Joko Widodo) pada Haornas nanti yang rencananya akan hadir secara virtual,” pungkas Menpora RI.

Baca juga: Rangkaian turnamen esports jadi bagian Road to Haornas 2020

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020