Palu (ANTARA) - Wali Kota Palu petahana Hidayat mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palu untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon wali kota Palu dan maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada), Jumat.

Didampingi pasangannya yang merupakan bakal calon wakil wali kota Palu Habsa Yanti Ponulele, keduanya didampingi ketua dan sekretaris partai pengusul yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN).

"Saya kira tidak ada bakal calon yang tidak ingin menang. Pasti semua ingin menang. Tinggal bagaimana semua bakal calon berupaya agar pilkada nanti berjalan aman dan kondusif," ujarnya usai mendaftrakan diri dan menyerahka berkas persyaratan di halaman Kantor KPU Palu.

Olehnya Hidayat yang merupakan pasangan pertama yang mendaftar di KPU Palu itu meminta para bakal calon wali kota dan wakil wali kota Palu yang akan mendaftarkan diri dan bertarung dengannya pada pilkada Desember mendatang agar senantiasa mengingatkan dan mengarahkan para pendukungnya untuk menjaga kondusivitas jelang dan pasca pilkada nanti.

"Kami tidak ingin pilkada di Kota Palu nanti diwarnai provokasi dan pertikaian . Kasian warga kami yang saat ini harus menghadapi bencana pandemi COVID-19,padahal belum lama menghadapi bencana gempa, tsunami dan likuefaksi 2018," ujarnya.

Hidayat memastikan akan terus melanjutkan program-program rehabilitasi dan rekonstruksi hingga pemulihan untuk seluruh korban bencana 2018 jika masih dipercaya memimpin ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah itu lima tahun ke depan.

Sementara itu Ketua KPU Palu Agussalim Wahid yang memimpin pemeriksaan berkas persyaratan Hidayat dan Habsa Yanti Ponulele menyatakan berkas keduanya memenuhi syarat.

"Selanjutnya keduanya akan menjalani pemeriksaan kesehatan. Hari ini baru satu bakal pasangan calon yang mendaftarkan diri. Besok (Sabtu pagi) rencananya dua pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Palu akan datang mendaftarkan diri," terangnya.

Baca juga: Warga Tawaeli siap menangkan Aristan di pilkada Kota Palu 2020

Baca juga: Bawaslu ingatkan Pemkot Palu jaga netralitas ASN pada Pilkada 2020

Baca juga: KPU imbau masyarakat kawal proses Pilkada Kota Palu 2020


Pewarta: Muhammad Arshandi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020