Gibran-Teguh berjanji ciptakan Pilkada 2020 damai

Gibran-Teguh berjanji ciptakan Pilkada 2020 damai

Bakal Paslon Gibran rakabuming Raka dan Teguh Prakosa (baju lurik) saat melakukan pendaftaran sebagai calon Pilkada 2020 di Kantor KPU Surakarta, Jumat (4/9/2020). (ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)

Solo (ANTARA) - Bakal pasangan calon Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa berjanji ingin menciptakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Surakarta 2020 damai sekaligus mentaati protokol kesehatan.

"Kami berjanji untuk menciptakan Pilkada Surakarta yang damai, sekaligus mentaati protokol kesehatan selama berlangsungnya pesta demokrasi di Solo," kata Balon Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, usai pendaftaran sebagai calon di KPU Surakarta, Jateng, Jumat.

Gibran bersama balon Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa telah resmi mendaftarkan diri sebagai calon dalam Pemilihan Kepala Daerah Surakarta 2020, di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Pasangan Gibran dan Teguh yang diusung PDIP pada Pilkada Surakarta tersebut juga mendapat dukungan dari parpol lainnya yakni Golkar, PKB, PPP, PAN, Gerindra, PKB, NasDem, dan PSI serta sejumlah relawan Gibran.

Menurut Gibran, relawannya sudah sepakat akan menginduk ke partai. Karena mereka sudah sepakat bersinergi dengan partai dengan tujuan sama.

Menurut Gibran, setelah dirinya bersama Teguh Prakosa sudah resmi mendaftarkan diri sebagai pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta di KPU Surakarta. Tahapan selanjut cek kesehatan bagi bakal paslon yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 hingga 9 September mendatang.

"Saya sudah mendapat surat pemberitahuan untuk cek kesehatan pasangan calon dilakukan pada tanggal 8--9 September mendatang," kata Gibran.

Ketua DPC PDIP Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo mengatakan Gibran-Teguh sudah resmi mendaftarkan diri ke KPU, dan mesin-mesin partai sudah dipanasi, serta pendukung-dukungan komunitas juga sudah mulai tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan.

Menyinggung soal partainya untuk mendorong masyarakat agar tingkat partisipasi dalam Pilkada 2020 meningkat, kata Rudyatmo, dengan cara pendekatan di tengah pandemi.

"Kami setiap malam melakukan konsolidasi untuk menyakinkan kepada masyarakat yang memiliki hak pilih, bahwa sebanyak 1.231 TPS dalam Pilkada saat ini, dalam kondisi aman," kata Rudyatmo.

Sehingga, kata Rudyatmo masyarakat tidak ada alasan untuk tidak hadir ke tempat pemungutan suara pada tanggal 9 Desember mendatang.

Namun, kata Rudyatmo, yang terpenting semua merasakan nyaman dan aman di setiap TPS dapat terjamin.

Baca juga: Gerindra resmi usung Gibran-Teguh pada Pilkada Surakarta 2020

Baca juga: PSI dukung Gibran-Teguh pada Pilkada Surakarta 2020

Baca juga: KPU Surakarta putuskan Bajo lolos verfak Pilkada 2020

Baca juga: Gibran-Teguh daftarkan calon ke KPU hari pertama

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar