Cianjur (ANTARA) - Berbagai cara dilakukan bakal pasangan calon peserta Pilkada Cianjur, Jawa Barat, saat hendak mendaftarkan diri ke Kantor KPU, mulai dari berjalan kaki dikawal ratusan orang, berkuda, naik angkutan kota hingga menggunakan puluhan mobil klasik keluaran Eropa.

Pantauan Antara, pasangan Lepi Ali Firmasyah dan Gilang Budiraharja yang mendaftar pertama kali datang dengan berjalan kaki diiringi ratusan orang mulai dari pengurus parpol pengusung PKB dan PKS serta simpatisan yang jumlahnya diperkirakan dua ratus orang.

Meski saat memasuki aula KPU Cianjur, untuk mendaftarkan diri hanya didampingi sepuluh orang dari pengurus parpol dan ketua tim pemenangan. Selama pasangan tersebut mendaftarkan diri, dua ratusan orang simpatisan menunggu di depan kantor KPU dan sebagian besar menggunakan masker.

Baca juga: Berbusana Melayu Jambi, Cek Endra-Ratu Munnawaroh daftar ke KPU Jambi

Dilanjutkan dengan bakal pasangan calon dari jalur independen Muhamad Toha-Ade Sobari yang datang menggunakan angkutan kota diiringi simpatisan yang mengendarai beragam kendaraan roda empat dan roda dua.

Tidak lama berselang setelah menyerahkan berkas dan menggelar jumpa pers rombongan pasangan yang dikenal dengan pasangan Hade membubarkan diri.

Sedangkan kedatangan pasangan Herman Suherman-TB Mulyana yang didukung koalisi lima parpol menjadi pusat perhatian warga dan pengujung KPU karena menggunakan puluhan mobil klasik langsiran tahun 1966 merek VW Safari yang lebih dikenal di Indonesia dengan sebutan VW Camat.

Bahkan selama iring-iringan memarkir kendaraan di sepanjang Jalan Suroso, tepatnya di depan Kantor KPU Cianjur, untuk mendampingi pasangan yang dikenal dengan sebutan BHS-M mendaftarkan diri. Banyak warga yang berswa poto di samping hingga dalam mobil yang bagian atapnya terbuka itu.

Berbeda dengan pasangan lainnya, bakal pasangan calon Oting Zaenal Mutaqien-Wawan Setiawan yang diusung partai Gerindra dan Demokrat itu, datang dan pulang menggunakan kuda tunggang dan diikuti rombongan pengurus parpol dengan menggunakan delman.

Selama proses pendaftaran bakal pasangan calon yang berlangsung sejak pagi hingga malam menjelang, membuat Polres Cianjur, menutup sepanjang jalan di depan Kantor KPU Cianjur dan mengalihkan kendaraan ke jalur alternatif Bojongherang, Siti Boededar dan Imun Sulaeman.

Baca juga: Pilkada Tangsel, Muhammad-Saraswati daftar ke KPU naik oplet

Baca juga: Paslon Eri-Armuji diarak ratusan pendukung menuju KPU Surabaya

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020