Manggung secara daring lebih melelahkan bagi Raisa

Manggung secara daring lebih melelahkan bagi Raisa

Raisa dan Andi Rianto membawakan "Bahasa Kalbu", Jakarta, 28 Agustus 2020 (HO/Juni Records)

Jakarta (ANTARA) - Raisa Andriana tetap aktif berinteraksi dengan penggemar selama pandemi melalui bincang-bincang langsung di media sosial hingga manggung secara daring.

Meski secara teori terdengar lebih praktis, tapi menurut Raisa manggung "online" rasanya jauh lebih melelahkan dibanding langsung di depan penonton.

"Biasanya aku dapat 'energi' dari penonton pas tampil, kalau ini (daring), seolah kita kasih 'energi', tapi enggak ada yang balikin," ujar Raisa di gelar wicara daring bertajuk “Ibu Sehat, Keluarga Sehat”, Jumat (4/9) malam.

Ketika manggung di hadapan banyak penonton, dia bisa melihat langsung reaksi dan semangat dari orang-orang yang mendengarkan lagunya. Saat ini, Raisa hanya berhadapan dengan kamera dan tidak bisa menatap para penonton, meski pertunjukan secara virtual bisa menjangkau khalayak lebih luas.

Sama halnya dengan rapat secara daring melalui aplikasi seperti Zoom, Raisa juga merasa lebih lelah setelah pertemuan "online" dibanding berdiskusi secara langsung.

Menurut psikolog anak Saskhya Aulia Prima, wajar untuk merasa lelah akibat bekerja secara daring pada masa adaptasi kebiasaan baru. Manusia pada dasarnya lebih terbiasa berinteraksi secara langsung dengan orang lain.

"Lewat daring ada delay response, kalau langsung kita bisa lihat ekspresi (lawan bicara), tek tokan jadi enak. Kalau melalui layar, rasanya kurang nyaman," jelas Saskhya.

Baca juga: "Me time" ala Raisa, manggung hingga nonton drama Korea

Baca juga: Reaksi Titi DJ dengar "Bahasa Kalbu" versi Raisa

Baca juga: Raisa nyanyikan ulang lagu "Bahasa Kalbu" Titi DJ

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Raisa sapa penggemar melalui konser virtual

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar