Kupang (ANTARA) - Setelah menggelar pemeriksaan COVID-19 pada 324 prajurit, Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) El Tari Kupang melakukan pemeriksaan menggunakan alat tes diagnostik cepat untuk mendeteksi penularan virus corona pada anggota keluarga prajurit.

"Selain para anggota aktif yang melakukan tes cepat, hari ini kita lakukan lagi tes cepat untuk anggota keluarganya dan langsung dari rumah ke rumah," kata Komandan Lanud El Tari Kupang Kolonel Pnb Bambang Juniar Djatmiko kepada wartawan di Kupang, Sabtu.

"Tes cepat bagi anggota keluarga itu dilakukan untuk istri dan anak serta pembantu yang tinggal bersama dengan keluarga dari prajurit," dia menambahkan.

Ia menjelaskan, pemeriksaan COVID-19 dilakukan dari rumah ke rumah untuk mencegah penumpukan anggota keluarga prajurit yang akan menjalani pemeriksaan.

Di samping mengerahkan petugas kesehatan dari rumah ke rumah untuk melakukan pemeriksaan COVID-19 pada keluarga prajurit, ia melanjutkan, Lanud El Tari juga menyediakan ruangan untuk pemeriksaan COVID-19.

 
Petugas kesehatan dari Rumah Sakit Lanud El Tari Kupang mendata keluarga anggota prajurit TNI Angkatan Udara yang akan menjalani pemeriksaan COVID-19 di rumah prajurit di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (5/9/2020). (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha).


Bambang mengatakan, pemeriksaan dilakukan untuk memastikan seluruh prajurit dan keluarga mereka tidak tertular COVID-18.

"Kemarin 324 anggota sudah jalani tes cepat. Nah sekarang ini anggota keluarga mereka yang kita lakukan tes," katanya.

Pemeriksaan COVID-19, ia menjelaskan, selanjutnya akan dilakukan secara berkala di wilayah kerja Lanud El Tari Kupang guna memastikan kondisi kesehatan prajurit dan keluarganya.

Baca juga:
Lanud El Tari gelar tes cepat bagi puluhan guru di Kupang
Polisi gelar tes cepat COVID-19 pada petani Deli Serdang

 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020