Tiga konsentrasi relawan Satgas bantu tangani COVID-19

Tiga konsentrasi relawan Satgas bantu tangani COVID-19

Ketua Koordinator Relawan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Andre Rahadian. (ANTARA/Muhammad Zulfikar)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Koordinator Relawan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Andre Rahadian mengatakan terdapat tiga hal yang menjadi konsentrasi utama para relawan dalam membantu menangani pandemi COVID-19 di Tanah Air, diantaranya memberi bantuan kepada tenaga kesehatan.

"Pertama, kita memberikan bantuan kepada tenaga kesehatan," kata dia saat diskusi daring yang di pantau di Jakarta, Sabtu.

Konsentrasi kedua yaitu merekrut dan melakukan penempatan relawan tenaga medis maupun non medis ke berbagai daerah yang membutuhkan bantuan.

Terakhir, Relawan Satgas Penanganan COVID-19 berkoordinasi dengan bidang-bidang terkait perubahan perilaku dan penanganan kesehatan.

Baca juga: Relawan: Kerelawanan COVID-19 berbeda dengan saat terjadi bencana

Baca juga: Gugus Tugas COVID-19 targetkan ada relawan di setiap RT


"Kita mendukung program tersebut dengan mengajak sebanyak mungkin relawan. Baik yang terdaftar di Satgas maupun organisasi lainnya," katanya.

Secara umum, dalam menangani dan mengatasi pandemi COVID-19, kata dia, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Oleh karena itu, sejak lima bulan terakhir Satgas COVID-19 bekerja sama dengan organisasi lain di antaranya pramuka, KNPI, PBNU dan Muhammadiyah sebagai relawan.

Pekerjaan yang dilakukan para relawan tersebut mulai dari membagikan alat pelindung diri yang meliputi masker, cairan pembersih tangan, baju hazmat, penyemprotan disinfektan, pembagian sembako dan lainnya.

"Sampai sekarang kita masih jalan. Salah satunya kampanye dan sosialisasi penggunaan masker ke masyarakat," ujar dia.

Ia mengatakan kampanye cuci tangan, menjaga jarak fisik, dan penggunaan masker masih menjadi program Satgas Relawan Penanganan COVID-19 saat ini.

Terakhir, ia mengajak seluruh masyarakat di Tanah Air agar patuh dalam menerapkan protokol kesehatan terutama dalam hal penggunaan masker, menjaga jarak fisik hingga mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir.*

Baca juga: 30 ribu lebih sukarelawan sudah bergabung, sebut Gugus Tugas COVID-19

Baca juga: Andre Rahadian: Gerakan relawan dukungan warga bagi pemerintah

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Doni Monardo berterima kasih kepada relawan COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar