Belitung (ANTARA) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia, Suharso Monoarfa meresmikan Pusat Informasi Geologi Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan kekayaan keragaman geologi di "negeri laskar pelangi" itu.

"Kita berharap peresmian ini dapat mengubah kebiasaan masyarakat untuk merawat geosite-geosite yang masih tergolong sangat lemah sekali," kata Suharso Monoarfa usai penandatangan Prasasti Pusat Informasi Geologi Pulau Belitung di Kelapa Kampit Belitung Timur, Sabtu.

Ia mengatakan pusat informasi geologi ini dapat untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat bersama menjaga potensi geosite-geosite yang ada di Kepulauan Bangka Belitung khususnya Geopark Nasional Pulau Belitung.

Baca juga: Menteri PPN dorong cinderamata Belitung tembus pasar ekspor

"Kita berharap masyarakat dapat merawat dan menjaga situs-situs ini, bahkan memunculkan lagi geosite-geosite lain. Untuk saat ini diketahui terdapat 40 site saat meninjau Pusat Informasi Geologi Belitung," katanya.

Ia mengingatkan tantangannya adalah menjadikan ini wisata jangka panjang dan tidak menjadi tertawaan karena ketidakmampuan untuk mengurus geopark ini. Oleh karena itu, saya ingatkan bahwa tiap empat tahun sekali kita akan dievaluasi.

“Saya titipkan ini kepada Bapak Gubernur dan Bupati. Jangan karena ini hanya anggaran pusat atau ketika menteri berganti dan ini tidak terurus dengan baik,” katanya.

Baca juga: Menteri PPN apresiasi pertumbuhan ekonomi Belitung

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan mengatakan Pusat Informasi Geologi Pulau Belitung dibangun pada tahun 2019 dalam rangka menyediakan pusat data observasi potensi geologi. Untuk mendukung data geologi di Indonesia, Kementerian ESDM RI membangun setidaknya enam pusat informasi geologi di Indonesia seperti yang dibangun di Belitung.

"Pulau Belitung telah diakui secara nasional karena beberapa titik geopark pada 2019 dan diharapkan dapat menjadi destinasi wisata baru di Pulau Belitung, sehingga ke depannya kunjungan wisatawan di negeri laskar pelangi ini semakin meningkat," katanya. 

Baca juga: Menteri PPN resmikan Galeri Budaya Cinta Alam Belitung
Baca juga: Menteri PPN sarankan Belitung terapkan pariwisata berbasis kualitas
Baca juga: Menteri PPN canangkan Olele sebagai wisata sadar protokol kesehatan

Pewarta: Aprionis
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020