Bakal calon Bupati Solok Selatan Khairunas positif COVID-19

Bakal calon Bupati Solok Selatan Khairunas positif COVID-19

Bakal calon wakil bupati Yulian Efi didampingi ketua partai pengusung dan pendukung menjelaskan kepada media usai mendaftarkan diri ke KPU, Sabtu. (Antara/Erik ilfansyah)

Padang Aro, Sumbar (ANTARA) - Bakal calon Bupati Solok Selatan Khairunas tidak hadir saat pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat karena dinyatakan positif COVID-19 dan saat ini sedang melakukan isolasi mandiri.

Bakal calon Wakil Bupati Yulian Efi usai mendaftar di KPU Solok Selatan, di Padang Aro, Sabtu mengatakan, ia bersama Khairunas pada 23 dan 24 Agustus 2020 berada di Jakarta untuk mengurus rekomendasi partai kembali ke Padang pada Rabu (2/9).

"Pada Rabu (2/9) KPU memberitahu kami bahwa untuk mendaftar pasangan calon harus melakukan tes usap mandiri sehingga pada Kamis (3/9) kami melakukan tes di bandara dan Sabtu pagi diberitahu hasilnya kalau Khairunas terkonfirmasi positif COVID-19 tanpa gejala dan sekarang sedang isolasi mandiri," kata Yulian Efi didampingi ketua tim pemenangan Zigo Rolanda.

Baca juga: Dukungan calon perseorangan Solok Selatan penuhi syarat minimal

Dia menyebutkan, Khairunas sudah melakukan tes usap ulang pada Jumat malam dan berharap hasilnya negatif.

Saat ini katanya, kondisi Khairunas dalam keadaan bugar dan tidak merasakan gejala apapun dan isolasi mandiri di Padang.

Dia mengungkapkan, untuk Pilkada 2020 memiliki visi misi memajukan pendidikan, mengembangkan ekonomi kerakyatan, tata pelayanan yang baik, pembangunan infrastruktur serta kebudayaan dan agama.

Baca juga: KPU Solok Selatan luncurkan Pilkada 2020

Ketua KPU Solok Selatan Nila Puspita mengatakan, hasil pemeriksaan verifikasi terhadap berkas pencalonan Khairunas-Yulian Efi yang diserahkan sudah lengkap.

"Hasil verifikasi sudah memenuhi syarat pencalonan," ujarnya.

Dia menyebutkan, berdasarkan informasi dari IDI bagi pasangan calon yang sudah tes usap mandiri agar tidak melakukan perjalanan lagi keluar daerah sampai dilakukan tes kesehatan.

Terkait ketidakhadiran Khairunas ia mengatakan, sudah melakukan video call dengan pasangan calon yang tidak hadir untuk memastikan kalau yang bersangkutan memang sakit sesuai surat yang dilampirkan.

Bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Khairunas-Yulian Efi di usung oleh tiga partai yaitu Golkar, PPP dan Demokrat serta didukung partai Gelora.


Baca juga: KPU Solok Selatan tunggu perppu tunda Pilkada 2020 karena COVID-19

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Bawaslu catat 243 pelanggaran protokol kesehatan saat pendaftaran pilkada

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar