Satgas COVID-19: Tidak benar status Bulungan zona merah

Satgas COVID-19: Tidak benar status Bulungan zona merah

Juru Bicara Penanganan COVID-19 Kaltara, Agust Suwandy. Antara/Susylo Asmalyah

hanya opini oleh sebagian orang
Tanjung Selor (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kalimantan Utara menyatakan bahwa tidak benar status Kabupaten Bulungan dinyatakan dalam kategori zona merah.

Juru Bicara Penanganan COVID-19 Kaltara, Agust Suwandy mengatakan penentuan zona di setiap daerah memiliki panduan berdasarkan tiga indikator.

“Tiga indikator itu epidemiologi, surveilans dan pelayanan kesehatan. Ada 14 variabel untuk menilai zona tersebut. Karena sejauh ini penentuan zona di setiap kabupaten kota di Indonesia oleh Satgas nasional berdasarkan indikator tersebut,” kata Agust di Tanjung Selor, Sabtu.

Dia menyebutkan data terakhir beberapa hari lalu, Kabupaten Bulungan masuk dalam zona oranye atau berada pada risiko sedang.

Demikian pula, berdasarkan Satgas Penanganan COVID-19 Kaltara serta hasil diskusi dengan Dinas Kesehatan Bulungan, menyebutkan bahwa Bulungan belum masuk pada zona merah.

“Jadi mungkin itu hanya opini oleh sebagian orang karena melihat peningkatan kasus dalam beberapa hari terakhir ini,” kata Agust.

Baca juga: 21 anggota TNI di Bulungan-Kaltara positif COVID-19, sebut Dinkes

Baca juga: Kemenkes tetapkan Bulungan-Malinau wilayah transmisi lokal di Kaltara

Baca juga: Satu PDP positif COVID-19 di Bulungan-Kaltara meninggal, sebut jubir

 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar