Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Belgia meraih kemenangan meyakinkan dengan skor 2-0 atas tuan rumah Denmark dalam laga UEFA Nations League 2020/21 Divisi A Grup 2 (A2) di Stadion Telia Parken, Kopenhagen, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Berkat kemenangan itu, Belgia untuk sementara memuncaki klasemen Grup A2 dengan koleksi tiga poin dan selisih surplus dua gol unggul atas Inggris (3) di urutan kedua.

Sedangkan Denmark berada di dasar klasemen di bawah Islandia karena selisih defisit dua gol kendati sama-sama belum punya poin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Penalti Sterling menangkan Inggris atas Islandia

Kendati tak diperkuat Kevin de Bruyne yang absen untuk menyambut kelahiran anak ketiganya, Belgia tetap tampil agresif dengan melepaskan 11 percobaan tembakan sepanjang laga yang lima di antaranya menemui sasaran.

Laga baru berjalan sembilan menit ketika Jason Denayer membuka keunggulan Belgi lewat sontekan jarak dekat memanfaatkan umpan silang Dries Mertens dalam situasi sepak pojok.

Denmark berusaha membalas tetapi tembakan jarak jauh Christian Eriksen masih bisa ditepis oleh Simon Mignolet yang mengawal gawang Belgia di tengah cederanya kiper utama Thibaut Courtois.

Baca juga: Martinez jelaskan alasan Courtois tinggalkan kamp timnas Belgia
Baca juga: De Bruyne absen bela Belgia karena istri akan melahirkan


Belgia terus mengancam tetapi tembakan Dennis Praet dan Romelu Lukaku masih belum bisa menembus Schmeichel.

Pada menit ke-76, gol kedua Belgia akhirnya terlahir lewat sontekan Mertens yang memanfaatkan bola muntah hasil tembakan Youri Tielemans yang tak dihentikan sempurna oleh Schmeichel.

Belgia selanjutnya akan menjamu Islandia di Brussels pada Selasa (8/9) waktu setempat ketika di laga lain Grup A2 Denmark kedatangan Inggris.

Baca juga: Prancis atasi Swedia berkat gol tunggal Mbappe
Baca juga: Montenegro pimpin Grup C1 usai menang di Siprus


Susunan pemain:

Denmark (4-3-3): Kasper Schmeichel; Daniel Wass (Mathias Jorgensen), Andreas Christensen, Simon Kjaer, Robert Skov; Christian Eriksen, Pierre Emile Hojbjerg, Thomas Delaney; Yussuf Poulsen, Kasper Dolberg (Andreas Cornelius), Martin Braithwaite (Joakim Maehle)
Pelatih: Kasper Hjulmand

Belgia (3-4-2-1): Simon Mignolet; Toby Alderweireld, Jason Denayer, Jan Vertonghen; Timothy Castagne, Youri Tielemans (Jeremy Doku), Axel Witsel, Thorgan Hazard; Dries Mertens (Leandro Trossard), Yannick Carrasco (Dennis Praet); Romelu Lukaku
Pelatih: Roberto Martinez

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020