UEFA Nations League

Portugal hantam Kroasia 4-1 walau tanpa Ronaldo

Portugal hantam Kroasia 4-1 walau tanpa Ronaldo

Penyerang tim nasional Portugal, Joao Felix, meluapkan kegembiaraan usai menjebol gawang Kroasia dalam pertandingan UEFA Nations League 2020/21 Divisi A Grup 3 di Stadion Dragao, Porto, Portugal, Sabtu (5/9/2020) waktu setempat. ANTARA/REUTERS/Rafael Marchante.

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Portugal menghantam tamunya Kroasia 4-1 dalam laga UEFA Nations League 2020/21 Divisi A Grup 3 (A3) di Stadion Dragao, Porto, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB), walaupun tak diperkuat megabintang Cristiano Ronaldo.

Absennya Ronaldo yang mengalami cedera infeksi jari kaki tak membuat Portugal kekurangan pasokan gol dan menang berkat Joao Cancelo, Diogo Jota, Joao Felix dan Andre Silva yang masing-masing menyumbang satu gol, sedangkan Kroasia hanya bisa membalas sekali melalui Bruno Petkovic.

Kemenangan itu sekaligus membuat Portugal mengawali perjuangan mereka mempertahankan trofi UEFA Nations League dengan memuncaki klasemen Grup A3 dengan koleksi tiga poin dan keunggulan selisih gol dibanding Prancis (3) yang juga menang di laga lain.

Baca juga: Prancis atasi Swedia berkat gol tunggal Mbappe

Sedangkan Kroasia berada di dasar klasemen, di bawah Swedia, meski sama-sama berstatus nirpoin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Laga berlangsung panas sejak awal dan kedua tim saling serang, tetapi Portugal hampir membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-23 jika saja tembakan Felix tak membentur tiang gawang.

Empat menit kemudian lagi-lagi tiang gawang menyelamatkan Kroasia ketika umpan silang Bruno Fernandes ditanduk oleh Jota.

Tiang gawang sepertinya begitu berjodoh dengan bola-bola tembakan Portugal sebab pada menit ke-33, sekali lagi kiper Dominik Livakovic tak mampu menjangkau bola tetapi diselamatkan tiang gawang dari tembakan Raphael Guerreiro.

Baca juga: Ronaldo terancam harus tunda ambisi lewati 100 gol bersama Portugal

Kerja keras Portugal akhirnya membuahkan keunggulan empat menit jelang turun minum ketika Cancelo melepaskan tembakan keras dari tepian kotak penalti untuk menghujamkan bola ke pojok kiri atas gawang.

Gelombang serangan Portugal terus mengalir memasuki pada babak kedua dan pada menit ke-58 Jota berlari kencang untuk menjangkau umpan lambung Guerreiro dan memperdaya livakovic untuk menggandakan keunggulan tuan rumah.

Pada menit ke-70, Felix memperbesar marjin keunggulan Portugal jadi 3-0 setelah ia melepaskan tembakan mendatar yang gagal dihalau oleh Livakovic.

Kroasia sempat memperkecil ketertinggalan semenit memasuki injury time ketika Petkovic menyelesaikan kerja sama satu dua sentuhan bersama Ante Rebic dengan sepakan terarah demi menaklukkan kiper Anthony Lopes.

Namun, tepat di pengujung laga Andre Silva memastikan kemenangan Portugal jadi 4-1 setelah ia menanduk umpan sundulan Pepe dalam situasi sepak pojok.

Portugal selanjutnya akan bertandang ke Kopenhagen menantang Swedia untuk laga kedua pada Selasa (8/9) waktu setempat dan pada saat bersamaan Kroasia melawat ke Prancis.

Baca juga: Penalti Sterling menangkan Inggris atas Islandia
Baca juga: Montenegro pimpin Grup C1 usai menang di Siprus


Susunan pemain:

Portugal (4-3-3): Anthony Lopes; Joao Cancelo, Pepe, Ruben Dias, Raphael Guerreiro; Joao Moutinho (Sergio Oliveira), Danilo Pereira, Bruno Fernandes; Bernardo Silva (Trincao), Joao Felix (Andre Silva), Diogo Jota
Pelatih: Fernando Santos

Kroasia (4-2-3-1): Dominik Livakovic; Tin Jedvaj, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Borna Barisic; Mario Pasalic (Marcelo Brozovic), Mateo Kovacic; Josip Brekalo (Ivan Perisic), Nikola Vlasic, Ante Rebic; Andrej Kramaric (Bruno Petkovic)
Pelatih: Zlatko Dalic

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar