Sepekan, bansos tunai Rp500 ribu hingga Menkopolhukam bagikan masker

Sepekan, bansos tunai Rp500 ribu hingga Menkopolhukam bagikan masker

Menteri Sosial Juliari P Batubara (batik biru) usai peluncuran bansos tunai kartu sembako non PKH di Jakarta, Senin (31/8/2020). ANTARA/Desi Purnamawati/pri.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora dari berbagai wilayah di Indonesia menjadi perhatian banyak pembaca selama sepekan mulai dari peluncuran bantuan sosial tunai Rp500 ribu hingga Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan yang membagi-bagikan masker antibakteri di Malioboro, Yogyakarta.

1. Mensos luncurkan bansos tunai Rp500 ribu bagi KPM BPNT

Menteri Sosial Juliari P Batubara meluncurkan bantuan sosial tunai sebesar Rp500 ribu bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang tidak termasuk dalam KPM Program Keluarga Harapan (PKH).

"Bantuan ini untuk ibu bapak KPM yang kami harap bisa meringankan beban semuanya, karena dampak pandemi COVID-19 ini tentu tidak mudah. Mudah-mudahan bisa bermanfaat," kata Mensos di Jakarta, Senin (31/8).

2. Indonesia diguncang 804 gempa tektonik sepanjang Agustus 2020

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sebanyak 804 gempa tektonik mengguncang Indonesia selama Agustus 2020.

Berdasarkan data BMKG, jumlah gempa yang terjadi selama Agustus mengalami peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya, yaitu 541 gempa.

3. Hunian tetap di Palu ditargetkan selesai akhir 2020

Hampir dua tahun pasca bencana di Sulawesi Tengah pembangunan hunian tetap belum juga rampung. Persoalan lahan menjadi alasan lambat pembangunan huntap untuk penyintas bencana di Kota Palu dan Kabupaten Sigi.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan akan menyelesaikan persoalan tanah dan merampungkan pembangunan hunian tetap itu sampai akhir tahun 2020.

4. Menkopolhukam bagikan masker antibakteri di Malioboro

Menteri Koordinator Politik Hukum Dan Keamanan, Mahfud MD, membagikan masker antibakteri kepada warga di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Minggu (30/8).

Aksi ini sebagai upaya terus mengingatkan masyarakat akan resiko penularan COVID-19 saat beraktivitas di fasilitas umum, pada masa adaptasi kebiasaan baru.

5. Gudang mobil motor di Kupang terbakar disertai ledakan

Kebakaran yang disertai ledakan melanda gudang mobil dan motor di Jalan Timor Raya Pasir Panjang, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu (30/8) pukul 22.30 WITA.

"Kami fokus terlebih dahulu pada pemadaman api. Kami bersyukur petugas berhasil memadamkan api sehingga tidak merembet ke rumah lainnya," kata Wakapolres Kupang Kota Komisaris Polisi Didik Kurnianto. (T.D018)

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kemensos rampungkan penyaluran BST

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar