Enam kabupaten di Papua bebas dari COVID-19

Enam kabupaten di Papua bebas dari COVID-19

Juru bicara Satgas COVID-19 Papua, dr Silwanus Sumule (ANTARA/Musa Abubar)

Jayapura (ANTARA) - Juru bicara Satgas COVID-19 Papua, dr Silwanus Sumule mengatakan enam kabupaten di provinsi itu masuk zona hijau atau bebas dari virus corona.

Silwanus Sumule di Jayapura, Minggu, mengatakan enam kabupaten di provinsi itu masuk zona hijau/bebas dari penyebaran corona yakni Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Sarmi, Supiori, Mamberamo Tengah, Waropen dan Kabupaten Puncak Jaya. Satgas COVID-19 Papua mencatat delapan kasus COVID-19 di Kabupaten Pegunungan Bintang, namun semuanya sembuh setelah menjalani perawatan.

Kemudian, tujuh kasus COVID-19 di Kabupaten Sarmi namun semuanya dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan. Tujuh pasien positif terpapar corona tercatat di Kabupaten Supiori namun setelah menjalani perawatan, semuanya dinyatakan sembuh. Lalu di Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng) tiga orang yang positif COVID-19 namun setelah menjalani perawatan akhirnya tiga orang itu sembuh.

Baca juga: Gubernur Babel: Belitung zona hijau, siap terima wisatawan

Kabupaten Waropen, satu orang yang dinyatakan terpapar corona namun sudah sembuh setelah menjalani perawatan dan pengobatan. Lalu, Kabupaten Puncak Jaya, juga satu orang pasien COVID-19 namun sudah sembuh setelah menjalani perawatan.

Dia mengatakan, sejak 17 Maret hingga 5 September tercatat 3.259 atau 82 persen pasien terkonfirmasi positif terpapar COVID-19 dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya di wilayah paling timur ini.

Lanjut dia, 3.259 pasien sembuh itu tersebar di 28 kabupaten dan satu kota di provinsi yakni pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh di Kota Jayapura setelah menjalani perawatan 1.906 orang dari 2.221 kasus. Kabupaten Mimika, pasien sembuh 676 orang dari 842 kasus corona.

Pasien terkonfirmasi COVID-19 di Kabupaten Jayapura yang dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan sebanyak 279 orang dari 330 kasus. Kabupaten Biak Numfor pasien corona sembuh 100 orang dari 168 kasus corona. Pasien COVID-19 sembuh di Kabupaten Nabire, 49 orang dari 87 kasus.

Baca juga: Bombana di zona hijau dan terapkan belajar mengajar tatap muka

Di Kabupaten Keerom, 62 pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh dari 67 kasus. Kabupaten Merauke, 34 pasien corona yang dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan dari 64 kasus. Kabupaten Jayawijaya, pasien corona yang dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan 59 orang dari 60 kasus corona.

Kabupaten Lanny Jaya, tujuh orang yang dinyatakan sembuh dari corona setelah menjalani perawatan, dari 27 kasus corona. Pasien terkonfirmasi positif corona di Kabupaten Kepulauan Yapen yang dinyatakan sembuh 23 orang dari 26 kasus corona. Di Kabupaten Tolikara, 17 orang yang dinyatakan sembuh dari COVID-19 dari 25 kasus.

Kemudian, Kabupaten Boven Digoel, 17 orang dinyatakan sembuh dari corona setelah menjalani pengobatan dan perawatan, dari 20 kasus. Kabupaten Yalimo, tiga orang dinyatakan sembuh dari COVID-19 dari 15 kasus corona. Selanjutnya, satu yang baru terkonfirmasi warganya terpapar corona yakni Kabupaten Mappi yakni dua orang terkonfirmasi terpapar COVID-19. Kedua orang itu masih menjalani perawatan.

Berdasarkan data infografis perkembangan COVID-19 di provinsi paling timur itu, total pasien sembuh dari corona di seluruh kabupaten/kota di provinsi ini sebanyak 3.259 orang atau 82 persen. Dari jumlah itu, 674 orang atau 17 persen di antaranya masih menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya yang ada di wilayah tersebut.

Pasien meninggal di Papua akibat terpapar corona 48 orang, sedangkan yang sudah kontak erat dengan keluarga yang terpapar corona 1.691 orang, kasus suspek 925 kasus, probabel 28 orang, yang masih menjalani perawatan di rumah sakit masih tetap 45 orang.

Baca juga: Disdikbud Sultra sebut zona kuning-hijau mulai belajar tatap muka
Baca juga: Wali murid terbantu dengan pembukaan sekolah di zona kuning dan hijau
Baca juga: Kasus COVID-19 Lampung bertambah 12, satu di antaranya bayi

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Petugas pengamanan Pilkada Surabaya jalani tes usap COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar