Lamongan, Jatim (ANTARA) - Tiga bakal pasangan calon (bapaslon) resmi mendaftar Pilkada Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, setelah pada pendaftaran terakhir Minggu (6/9), pasangan Yuhronur Efendi - KH Abdul Rouf (YesBro) menyerahkan berkas pendaftarannya di Kantor KPU setempat.

Ketua KPU Lamongan Mahrus Ali dikonfirmasi di Lamongan, Minggu petang mengatakan, pendaftaran YesBro dilakukan pada Minggu sekitar pukul 10.40 WIB, dan berkasnya telah dinyatakan lengkap.

"Setelah melalui pemeriksaan awal, berkas tiga bapaslon dinyatakan lengkap, dan kami akan melakukan tahapan berikutnya, yakni verifikasi berkas yang dilakukan hari ini hingga tanggal 12 September 2020," kata Mahrus, menjelaskan.

Baca juga: Mulyadi -Ali Mukhni jadi pasangan keempat datangi KPU Sumbar
Baca juga: Petahana Mojokerto daftar ke KPU naik sepeda


Mahrus mengatakan, setelah proses verifikasi agenda selanjutnya adalah perbaikan berkas, hal itu dilakukan tanggal 14-16 September 2020 apabila ada berkas bapaslon yang kurang sempurna.

"Apabila ada berkas yang belum lengkap seperti legalisir surat, kami akan menunggu untuk agenda perbaikan berkas tanggal 14-16 September 2020," tuturnya.

Agenda terdekat, kata Mahrus, pemeriksaan kesehatan tiga bapaslon yang dilakukan di RSUD Dr Soetomo Surabaya pada tanggal 8-9 September 2020, meliputi pemeriksaan kesehatan dan swab atau tes usap.

Ketika ditanya apabila salah satu bapaslon hasil swabnya positif, Mahrus menjelaskan, akan menyerahkan pada mekanisme protokol kesehatan, seperti wajib menjalani isolasi mandiri dan pemeriksaan lanjutan.

"Kami sejak awal berkomitmen akan mengikuti protokol kesehatan dalam pelaksanaan pilkada ini, sehingga diharapkan tidak muncul klaster baru di Pilkada Lamongan," katanya.

Sementara untuk jadwal penetapan bapaslon menjadi paslon di Pilkada Lamongan akan dilakukan pada tanggal 23 September 2020, disusul pengundian nomor urut calon tanggal 24 September 2020.

Tiga bapaslon Pilkada Lamongan yang sudah mendaftar masing-masing pasangan perseorangan Handoyo dan Suudin, kemudian Kartika Hidayati-Saim (KarSa) diusung PKB dan PDI Perjuangan, serta Yuhronur Efendi - KH Abdul Rouf (YesBro) diusung PPP, PAN, Demokrat, Golkar, Hanura, Perindo, dan Gerindra serta PKS.

Baca juga: Danang-Choliq daftar ke KPU Sleman
Baca juga: Lima pasangan Bakal Calon Bupati Pasaman Barat penuhi syarat

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020