Atletik

Johannes Vetter cetak rekor bersejarah dalam lempar lembing

Johannes Vetter cetak rekor bersejarah dalam lempar lembing

Atlet lempar lembing Jerman Johannes Vetter dalam turnamen IAAF World Athletics Continental Gold di Kamila Skolimowska Memorial di Chorzow, Polandia, pada 6 September 2020. (AFP/LUKASZ SZELAG)

Jakarta (ANTARA) - Atlet Jerman Johannes Vetter menciptakan rekor lemparan terjauh kedua dalam sejarah lempar lembing ketika dia melempar lembing sejauh 97,76 meter pada turnamen Tour Gold di Chorzow, Polandia, Minggu waktu setempat.

Rekor Jan Zelezny masih tak tersentuh ketika dia melemparkan lembing sejauh 98,48 meter pada 1996, namun upaya ketiga Vetter yang berusia 27 tahun mendekati catatan itu, dengan mendaratkan lembing berselisih 72 cm di belakang rekor atlet lempar lembing Ceko itu.

"Saya tak tahu harus bilang apa, ini sungguh mendekati momen sempurna. Anda bisa merasakannya di tubuh Anda ketika Anda membuat lemparan bagus," kata Vetter setelah dia memecahkan rekornya sendiri sampai lebih dari tiga meter.

"Saya kira bahwa banyak orang yang tak mengira bahwa mungkin saja melemparkan lembing lebih dari 90 meter di sebuah stadion yang kosong," sambung dia seperti dikutip Reuters

"Saya berhasil melakukannya dan saya kira ada banyak ruang untuk peningkatan. Perbedaan yang sangat kecil, perbedaan tipis, bisa membuat banyak perbedaan," pungkas dia.

Vetter melakukan upaya hebat lainnya pada lemparan kelima yang terukur sejauh 94,84 meter yang merupakan kelima terbaik.

Baca juga: Warholm dekati rekor dunia 400m lari gawang
Baca juga: Sprinter Noah Lyles akui punya masalah psikologis
Baca juga: Pandemi dorong warga dunia gemari atletik

 

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Atletik persembahkan 3 medali emas dalam ASG 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar