Jakarta (ANTARA) - Dehidrasi terjadi saat jumlah total air dalam tubuh tak seimbang. Penyebabnya beragam mulai dari suhu lingkungan, olahraga hingga penyakit tertentu.

Kondisi ini bila dibiarkan bisa membahayakan kesehatan karena mempengaruhi metabolisme tubuh, hati, ginjal dan dapat menyebabkan banyak masalah pencernaan lainnya.

Agar Anda tak mengalami dehidrasi atau sudah pernah dan tidak ingin kembali mengalaminya, pakar gizi asal India Preety Tyagi berbagi tips sehatnya.

Dia, seperti dilansir Indian Express, merekomendasikan menambahkan mentimun atau air mawar ke dalam botol air minum untuk membantu Anda tetap segar dan terhidrasi pada hari-hari musim panas. Mentimun termasuk zat pendingin terbaik yang dapat ditambahkan ke air minum biasa.

Atlet, pengunjung gym, dan anak-anak bisa menambahkan sejumput garam Himalaya dan sedikit lemon ke dalam air mereka. Cara ini bisa membantu menghasilkan elektrolit dalam air yang bertanggung jawab untuk menghidrasi tubuh.

Air minum yang direbus dan didinginkan hingga suhu kamar dianggap yang terbaik. Minum air putih setelah mandi air hangat menjadi suatu keharusan karena tubuh membutuhkan rehidrasi setelah aktivitas tersebut.

Kemudian, daripada hanya mengandalkan air untuk kebutuhan hidrasi, Anda bisa mempertimbangkan konsumsi buah dan sayuran segar dengan kandungan air yang tinggi, seperti stroberi, semangka, buah jeruk dan lainnya.

Herbal seperti chamomile, bubuk jinten, bubuk ketumbar bila diminum dengan segelas air hangat juga membantu.

Kemudian, hindari konsumsi teh, kopi, permen, gorengan secara berlebihan dan sebaiknya rutinlah berolahraga agar Anda memiliki metabolisme yang baik.

Baca juga: Es loli mentimun untuk siang hari terik

Baca juga: Khasiat minum air mentimun setiap hari

Baca juga: Hadang stres, sehatkan lambung dengan konsumsi mentimun tiap hari

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020