KPU catat 49 bakal paslon bertarung di Pilkada 2020 di Sumbar

KPU catat 49 bakal paslon bertarung di Pilkada 2020 di Sumbar

Ilustrasi Pilkada 2020. (Antara Jatim/Naufal Ammar)

Padang, (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat mencatat 48 bakal pasangan calon akan bertarung di Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 yang terdiri dari Pilkada Sumbar, Pilkada di dua kota dan 11 kabupaten di daerah setempat.

Ketua KPU Sumatera Barat Amnasmen di Padang, Senin mengatakan bakal paslon ini maju melalui jalur perseorangan dan partai politik atau gabungan partai politik.

Ia mengatakan hanya Kabupaten Pasaman yang memiliki satu pasangan calon (lawan kotak kosong) sementara untuk jumlah pasangan terbanyak ada di Kabupaten Pasaman Barat dan Sijunjung dengan lima bakal paslon.

Untuk Pilkada Sumbar ada empat bakal pasangan calon yang mendaftar yakni Mahyeldi-Audy Joinaldi yang diusung PKS dan PPP, kemudian Nasrul Abit- Indra Catri yang diusung Partai Gerindra. Kemudian ada pasangan Fakhrizal-Genius Umar yang diusung Golkar, Nasdem, PKB dan didukung PBB serta Partai Berkarya. Setelah itu pasangan keempat Mulyadi-Ali Mukhni yang diusung Partai Demokrat dan PAN.

Sementara di Kabupaten Dharmasraya ada dua bakal pasang calon yakni Panji Mursyidan dan Yosrisal yang diusung Partai Gerindra, PKS, PAN dan Nasdem. Kemudian ada pasangan Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Dasril Panin Datuk Labuan yang diusung PDIP, Golkar, Demokrat, PKB dan Hanura.

Untuk Kabupaten Padang Pariaman ada tiga pasangan yang akan bertarung yakni Suhatri Bur dan Rahmang, yang diusung PAN, Nasdem dan PDIP. Kemudian pasangan Refrizal dan Heppy Naldy diusung PKS dan Gerindra. Setelah itu pasangan Tri Suryadi dan Taslim yang diusung PKB, Demokrat, dan PPP.

Baca juga: Pilkada Kalteng diikuti dua bakal pasang calon

Baca juga: 13 bakal paslon mendaftar ke KPU di 7 kabupaten di Sumsel


Kemudian di Pilkada Agam, ada empat pasang calon yang akan bertarung mulai dari pasangan Hariadi dan Novi Endri yang disung Golkar,PPP dan PBB. Pasangan kedua yakni Taslim dan Sayfrizal diusung Partai Gerindra. Setelah itu pasangan Andri Warman dan Irwan Fikri yang diusung PAN dan Demokrat. Kemudian ada pasangan Trinda Farhan dan Satria M Kasni yang diusunng PKS dan Nasdem.

Di Pilkada Bukittinggi ada tiga calon yang akan bertarung yakni Irwandi dan David Chalik yang diusung PAN, Nasdem dan PKB. Kemudian pasangan Erman Safar dan Marfendi diusung PKS, Gerindra dan Golkar. Setelah itu pasangan Ramlan Nurmatias dan Syahrizal yang maju dari jalur perseorangan.

Di Pilkada Pasaman Barat ada lima pasangan calon yakni pasangan Yulianto-Syafrial yang diusung Partai Demokra dan Nasdem. Setelah itu pasangan Hamsuardi-Risnawanto diusung PDIP, PKS dan PAN. Pasangan ketiga Agussusanto-Rommy Candra yang maju dari jalur pereorangan. Pasangan Maryanto-Yulisman diusung pleh Partai Gerindra dan PBB dan pasangan kelima adalah Erick Hariyona dan Syawal diusung oleh Partai Golkar, PPP, PKB, Perindo.

Khusus untuk Kabupaten Pasaman, Pilkada ini hanya diikuti oleh satu bakal pasangan calon saja yakni pasangan Benny Utama dan Sabar AS yang diusung Partai Golkar, Demokrat, PKB, PAN, PPP, PDIP, PKS dan Nasdem, sehingga diprediksi melawan kotak kosong.

Kemudian untuk kabupaten 50 Kota ada pasangan Ferizal Ridwan dan Nurkhalis yang lolos dan maju dari jalur perseorangan. Kemudian pasangan Darman Sahladi dan Maskar. M diusung Demokrat, PAN dan Nasdem. Setelah itu ada Muhammad Rahmad dan Asyirwan Yunus diusung oleh Partai Gerindra, Hanura dan PKB dan pasangan Safaruddin dt.Bandaro Rajo dan Rizki Kurniawan diusung Partai Golkar, PPP dan PKS

Selanjutnya ada empat pasang calon yang bertarung di Pilkada Tanah Datar yakni pasangan Eka Putra dan Richi Aprian yang diusung Partai Gerindra dan Demokrat. Setelah itu pasangan Betti Shadiq Pasadigue dan Editiawarman diusung oleh PAN dan PPP. Kemudian pasangan Zuldafri Darma dan Sultani diusung Partai Golkar dan PKS. Lalu pasangan Jon Enardi dan Syafrudin diusung oleh Partai Hanura, Nasdem dan PDIP.

Di Pilkada Sijunjung sendiri ada lima pasangan calon yakni Beni Dwipa dan Iraddatillah, Endre Syaifoel - Nasrul, Arrival Boy - Mendro Suarman, Hendri Susanto - Indra Gunalan dan pasnagan Ashelfine - Sarikal.

Sementara itu di Pilkada Solok Selatan ada pasangan Khairunnas dan Yulian Efi yang diusung Golkar, Demokrat dan PPP. Kemudian ada pasangan Erwin Ali-Marwan Efendi PAN, PKB, PBB dan Partai Berkarya. Dan terakhi pasangan Abdurrahman dan Rusman Efendi diusung Partai Gerindra, Nasdem dan PKS

Untuk Pilkada Kabupaten Solok ada empat pasang yakni pasangan Epiyardi Asda dan Jon Firman Pandu yang diusung PAN dan Partai Gerindra. Pasangan Desra Ediwan Anantanur dan Adli diusung Golkar dan PKS. Selanjutnya pasangan Nofi Candra dan Yulfadri diusung Nasdem dan PPP dan terakhir pasangan Iriadi dan Agus Syahdeman diusung Demokrat, Hanura dan PDIP

Baca juga: 41 bakal paslon ikut di 19 Pilkada serentak di Jatim

Baca juga: Pilkada OKU diprediksi melawan kotak kosong


Di Pilkada Kota Solok juga diikuti empat pasang calon yakni pasangan Reinier dan Andri Maran yang diusung Partai Gerindra, PPP, PDI Perjuangan dan PKPI. Setelah itu pasangan Ismael Koto dan Edi Candra diusung oleh PBB dan Hanura. Selanjutnya ada pasangan Zul Elfian dan Ramadhani Kirana Putra diusung oleh Partai Nasdem, PKS dan PAN. Lalu pasangan Yutris Can dan Irman Yefri Adang diusung oleh Partai Golkar dan Demokrat.

Setelah itu Pilkada Kabupaten Pesisir Selatan yang diikuti tiga pasang calon yakni pasangan Hendrajoni dan Hamdanu yang diusung oleh Partai Nasdem, PKS dan Demokrat. Kemudian pasangan Rusma Yul Anwar dan Rudi Herdisansyah diusung Partai Gerindra, PAN, Perindo, Partai Berkarya dan PBB. pasangan terakhir yakni Dedi Rahmanto Putra dan Adrinof Rajab diusung Partai Golkar, PDIP, PKB, PPP dan Partai Hanura.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Bakal paslon di berbagai daerah jalani tes kesehatan Pilkada 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar