Hipmi serukan sinergi promosi antar pengusaha muda, beli produk teman

Hipmi serukan sinergi promosi antar pengusaha muda, beli produk teman

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) Mardani H Maming. ANTARA/Firman/aa.

Paling tidak, dengan membeli produk teman, dapat membantu mereka keluar dari keterpurukan ekonomi di masa pandemi COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) mendorong promosi usaha sesama pengusaha muda agar perekonomian bisa terus berputar.

Ketua Umum BPP Hipmi Mardani H Maming dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin,  mendorong baik sesama pengusaha maupun pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), masyarakat dan lainnya, untuk saling membeli produk teman.

"Kita perlu saling membantu menghadapi pandemi COVID-19 ini, agar pertumbuhan ekonomi kembali pulih, sehingga, dapat meningkatkan pasar domestik dengan membeli jualan teman," katanya.

Baca juga: Gairahkan ekonomi, Bahlil ajak masyarakat beli produk jualan teman

Selain perekonomian bisa berjalan dengan baik dan bisa cepat pulih seperti semula, hal itu juga perlu dilakukan agar daya beli di masyarakat bisa meningkat dengan membeli produk teman, meski tidak terlalu signifikan.

"Dengan begitu, mereka tidak akan berpikir sampai usahanya bangkrut. Paling tidak, dengan membeli produk teman, dapat membantu mereka keluar dari keterpurukan ekonomi di masa pandemi COVID-19," ujarnya.

Tidak hanya kepada sesama pengusaha saja, mantan Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, itu juga mengajak masyarakat untuk membeli dan bantu mempromosikan barang jualan teman agar bisa memperkuat pasar domestik. Cara tersebut, kata dia, jauh lebih baik agar terjadi perputaran uang di antara masyarakat itu sendiri.

Baca juga: Masyarakat berpenghasilan diimbau beli produk UMKM, gerakkan ekonomi

"Lebih bagus lagi jika masyarakat yang belum berjualan, ikut berjualan di tengah pandemi seperti sekarang ini, sehingga saling memiliki produk yang dapat dinikmati oleh sekitar," ungkapnya.

Menurut Maming, dalam situasi pandemi COVID-19 pengusaha muda harus dapat menyesuaikan diri dan memiliki kreativitas untuk mempertahankan bisnis. Untuk itu ia berharap pemerintah dapat mendukung langkah adaptasi maupun usaha yang kebanyakan dilakukan UMKM untuk membantu menggerakkan roda perekonomian.

"Kami mendorong semakin banyak kolaborasi antara pemerintah dan swasta dalam situasi saat ini. Kita tidak bisa sendirian," tuturnya.

Baca juga: Jokowi : Beli produk lokal, tingkatkan pendapatan petani nelayan UMKM



 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

HIPMI: limbah medis COVID-19 bisa jadi peluang bisnis

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar