Gubernur: Kapal Aceh Hebat permudah transportasi di daerah kepulauan

Gubernur: Kapal Aceh Hebat permudah transportasi di daerah kepulauan

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah saat melakukan kunjungan kerja ke galangan kapal PT Adiluhung Saranasegara Indonesia di Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Senin (7/9/2020). ANTARA/Dokumentasi Pemprov Aceh

Menjelang tahun baru, kalau COVID-19 sudah mereda, kemungkinan banyak wisatawan yang datang ke Sabang
Aceh Besar (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan tiga unit Kapal Motor Penumpang (KMP) Aceh Hebat, yang direncanakan beroperasi pada Januari 2021, akan mempermudah transportasi masyarakat dan wisatawan di daerah kepulauan.

"Saya optimistis tiga unit Kapal Aceh Hebat ini bisa selesai tepat waktu. Kalau kita lihat jadwal dari Kapal Aceh Hebat 2 di PT Adiluhung Saranasegara, pada akhir November akan di-delivered ke Aceh," katanya di sela kunjungan kerja ke PT Adiluhung Saranasegara Indonesia di Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Senin.

Baca juga: Tiga kapal penyeberangan Pemprov Aceh mulai beroperasi 2021

Dalam rilisnya yang diterima di Aceh, ia menjelaskan pada Desember nanti KMP Aceh Hebat 2 tersebut sudah bisa dilakukan serah terima dan selanjutnya bisa beroperasi.

"Saya ingin mewanti-wanti pada PT Adiluhung Saranasegara sebagai rekanan yang membangun kapal untuk terus menjaga ritme pekerjaannya, kalau bisa mengakselerasi, supaya lebih cepat," katanya.

Nova mengatakan lebih baik lagi apabila nanti selesainya lebih cepat sehingga lebih cepat juga dalam menyambung konektivitas antara Pelabuhan Ulee Lheu ke Sabang.

Ia mengatakan kapal tersebut bisa memuat 18 truk mobil barang dan delapan unit mini bus atau total keseluruhan sebanyak 26 kendaraan.

"Ini tantangan kita, tinggal masalah waktu. Mudah-mudahan tidak ada hal-hal yang luar biasa, sehingga kita bisa bekerja normal, kalau bisa lebih cepat, untuk bisa kita selesaikan, setidaknya pertengahan Desember ini," katanya.

Ia mengatakan kalau bisa dioperasikan pada akhir tahun 2020, bisa dimanfaatkan untuk sektor pariwisata ke Sabang.

"Menjelang tahun baru, kalau COVID-19 sudah mereda, kemungkinan banyak wisatawan yang datang ke Sabang," katanya.

Menurut dia, Kapal Aceh Hebat 2 yang merupakan karya anak bangsa di Bangkalan, Madura ini sudah sangat baik, karena semua komponennya bersertifikasi.

"Kita sudah menyaksikan seakeeping kapal di Laboratorium Hidrodinamika BPPT dan semua hasilnya sangat memuaskan," kata Nova.

Baca juga: Presiden berharap Aceh jadi episentrum ekonomi baru di Sumatera
Baca juga: Bupati Aceh Besar: Tol Sibanceh bermanfaat besar untuk sektor ekonomi

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemkot Banda Aceh serahkan rumah layak huni

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar