Fisik mengalami peningkatan signifikan
Banda Aceh (ANTARA) - Persiraja menyatakan kondisi fisik pemain yang dipersiapkan untuk lanjutan kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2020 mengalami peningkatan setelah sebelumnya sempat menurun akibat pandemi COVID-19.

"Perkembangan latihan cukup baik. Fisik mengalami peningkatan signifikan. Latihan pemain terus digenjot, baik di dalam maupun di luar lapangan," kata Sekretaris Umum Persiraja Rahmat Djailani di Banda Aceh, Senin.

Selain fisik, para pemain juga dilatih meningkatkan kemampuan individu serta kerja sama tim termasuk menggelar uji coba internal dengan Persiraja U20.

Baca juga: Persiraja matangkan persiapan hadapi lanjutan kompetisi Liga 1

Selain dengan Persiraja U20, kata Rahmat Djailani, pelatih juga mengagendakan pertandingan uji coba dengan Tim PON Aceh di Stadion H Dimurthala, Banda Aceh, yang selama ini menjadi tempat latihan Persiraja.

Rahmat Djailani menyebutkan tim sepak bola tersebut dipersiapkan untuk PON 2021 di Provinsi Papua. Tim tersebut peraih medali emas Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera 2019 di Provinsi Bengkulu.

"Tim PON Aceh juga diperkuat beberapa mantan pemain Persiraja. Uji coba tersebut menjadi bahan evaluasi bagi pelatih sejauh mana proses latihan pemain yang berlangsung sejak 20 Agustus lalu," kata Rahmat Djailani.

Baca juga: Bos Persiraja harap momentum di Liga 1 jadi pelecut anak muda Aceh

Sebelumnya, pelatih kepala Persiraja Hendri Susilo mengatakan kondisi fisik seluruh pemain menurun drastis setelah lima bulan tidak berlatih dan bertanding.

"Tidak hanya Persiraja, semua tim Liga 1 juga mengalami kondisi serupa. Artinya, kondisi fisik dan performa pemain mulai dari nol lagi," kata Hendri Susilo.

Hendri Susilo menambahkan dirinya bersama tim pelatih lainnya akan memfokuskan peningkatan fisik. Dan diharapkan para pemain juga fokus mengembalikan performanya seperti di awal kompetisi.

"Masalah fisik sangat mendasar sekali. Apalagi pemain lima bulan tidak berlatih. Jadi, latihan kami lakukan tahap demi tahap untuk mengembalikan kemampuan pemain," kata Hendri Susilo.

Baca juga: Pemain Persiraja bangun kolaborasi tim lewat bersepeda di jalan raya

Dalam kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2020, Persiraja baru tiga kali melakoni pertandingan. Pertama menjamu Bhayangkara FC di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, pada 29 Februari 2020, dengan skor 0-0.

Kedua, dijamu Madura United di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Jawa Timur, pada 9 Maret 2020, dengan skor 0-0. Serta pertandingan ketiga dijamu Persik Kediri di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada 14 Maret 2020, dengan skor 0-1 untuk kemenangan Persiraja.

Untuk Lanjutan kompetisi Liga 1 tersebut, Persiraja akan berkandang di di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Dalam lanjutan kompetisi tersebut, Persiraja akan menjamu PSM Makasar, Minggu (4/10) mendatang.

Baca juga: Persiraja Banda Aceh pastikan berkandang di Sleman
Baca juga: LIB rilis jadwal lanjutan Liga 1 dibuka PSS versus Persebaya

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020