Sudah ada 14 surat rekomendasi yang dimunculkan untuk 19 pilkada di Jatim
Surabaya (ANTARA) - DPW Partai Gelora Jawa Timur (Jatim) membuktikan turut serta dan terlibat aktif pada momentum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 dengan memberikan dukungan kepada pasangan calon tertentu.

"Sudah ada 14 surat rekomendasi yang dimunculkan untuk 19 pilkada di Jatim," ujar Ketua Umum DPW Partai Gelora Jatim Muhammad Sirot ketika dikonfirmasi di Surabaya, Selasa pagi.

Beberapa waktu lalu, mantan politikus PKS tersebut juga pernah menegaskan bahwa meski partainya baru dan belum memiliki kursi, namun dipastikan terlibat dengan cara mendukung.

Sebanyak 14 calon kepala daerah yang telah diberi dukungan, yakni dalam Pilkada Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Tuban, Pasuruan, Situbondo, Banyuwangi, Sumenep, Ngawi, Pacitan, Trenggalek, Mojokerto, Jember dan Kota Blitar.

"Masih ada 5 DPD Partai Gelora yang belum menentukan pilihan karena proses komunikasi. Salah satunya DPD Partai Gelora Kota Surabaya," ujar mantan anggota DPRD Jatim tersebut.

Khusus Pilkada Surabaya, kata dia lagi, keputusan harus tepat dan perlu banyak pertimbangan karena dua bakal calon kepala daerah yang maju sama-sama memiliki kapasitas maupun kapabilitas.
Baca juga: Gubernur Khofifah tandatangani surat cuti petahana


Menurut dia, Surabaya adalah kota kedua setelah Jakarta dengan APBD terbesar, sehingga harus dipimpin oleh wali kota yang tepat dan hebat.

"Partai Gelora Surabaya masih terus melakukan komunikasi dan membangun kesepahaman dengan kedua calon, baik Machfud Arifin maupun Eri Cahyadi agar pilihan kami kelak tidak salah," katanya pula.

Kendati tak berhak mengusung, namun Sirot memastikan bahwa kader partai tak bisa dianggap sebelah mata karena jumlahnya yang tidak sedikit.

Sebagai gambaran, lanjut dia, jumlah pengurus DPD Gelora Kota Surabaya sebanyak 120 orang, ditambah DPC dan ranting.

"Kepengurusan 100 persen DPC dan 60 persen ranting. Kami sudah siapkan 3-5 relawan berbasis TPS. Kader kami bahkan punya kekuatan hingga di akar rumput," kata Sirot pula.
Baca juga: 41 bakal paslon ikut di 19 Pilkada serentak di Jatim
 

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020