Playoff NBA

Celtics hancurkan Raptors pada gim lima untuk unggul agregat 3-2

Celtics hancurkan Raptors pada gim lima untuk unggul agregat 3-2

Guard Toronto Raptors Fred VanVleet (23) dan guard Matt Thomas (kanan) menekan guard Boston Celtics Kemba Walker (kiri) selama paruh kedua gim kelima semifinal Wilayah Timur Playoff NBA 2020 di ESPN Wide World of Sports Complex, Senin (7/9/2020). ANTARA/REUTERS/Kim Klement-USA TODAY Sports.

Jakarta (ANTARA) - Enam pemain Boston Celtics mencetak dua digit saat menggulung Toronto Raptors 111-89 pada gim kelima untuk memimpin 3-2 dalam semifinal Wilayah Timur playoff NBA, Senin malam waktu setempat atau Selasa WIB di ESPN Wide World of Sports Complex dekat Orlando.

Menurut statistik yang dilansir laman resmi NBA, Celtics unggul atas Raptors dari persentase efektivitas tembakan yakni 49,4 persen berbanding 38,8 persen. Boston memasukkan 24 bola dari 27 lemparan bebas sementara Toronto membuat 11 tembakan sukses dari 13 lemparan bebas.

Jaylen Brown memimpin pengumpulan angka dengan 27 poin. Kemba Walker menambah 21 poin, Jayson Tatum 18 poin dengan 10 rebound, Brad Wanamaker dan Daniel Theis masing-masing mencetak 15 poin dan Marcus Smart 12 poin untuk Celtics yang bangkit dari dua kekalahan beruntun setelah memimpin 2-0 dalam semifinal tersebut.

Boston mendapatkan kesempatan untuk merebut tempat final konferensi jika meraih kemenangan pada gim keenam yang akan dilangsungkan Rabu waktu Amerika Serikat.

Fred VanVleet mengumpulkan 18 poin untuk memuncaki pengumpulan angka Raptors yang tidak pernah memimpin sepanjang kontes dan sempat tertinggal sampai 30 poin.

Baca juga: Middleton buat Bucks tetap hidup seusai menangi gim keempat atas Heat

Celtics melesat sejak awal saat Raptors mengalami salah satu perempat playoff dengan skor terburuk dalam sejarah mereka. Boston unggul 18-5 setelah 8,5 menit saat Toronto memulai mendulang angka melalui dua tembakan dari 14 upaya.

Raptors mengakhiri kuarter tersebut dengan hanya sukses menembakkan empat dari 20, dan mereka tertinggal 25-11. Mereka pun hanya melakukan satu dari sembilan tembakan dari jarak 3 poin.

Keunggulan Boston mencapai 46-25 melalui tembakan tiga angka Tatum dengan sisa 4:55 di kuarter kedua. Boston kemudian memimpin 62-35 saat turun minum. Defisit 27 poin pada paruh pertama merupakan yang terbesar yang pernah dialami oleh juara bertahan NBA selama pertandingan playoff.

Raptors memulai kuarter ketiga dengan skor 6-0 lewat Pascal Siakam yang membuat tiga tembakan jarak pendek. Namun, keunggulan Celtics tidak pernah turun di bawah 20 pada kuarter tersebut.

Pada sisa waktu 4 menit 23 detik, keunggulan Boston mencapai 79-49 melalui jumpshoot Brown. Kuarter ketiga pun berakhir dengan skor 87-63.

Pada kuarter terakhir, Raptors mencoba mempergencar serangan tetapi Boston merespon dengan memperketat penjagaan. Raptors unggul satu bola pada kuarter ini, tapi selisih angka terlalu jauh untuk dikejar.

Baca juga: Nuggets samakan kedudukan menjadi 1-1 atas Clippers
 

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menpora persiapkan Timnas berprestasi di FIBA 2023

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar