Jakarta (ANTARA) - Victoria Azarenka mencapai perempatfinal Grand Slam pertamanya dalam kurun empat tahun terakhir setelah bangkit dari tertinggal satu set untuk menaklukkan wakil Ceko, Karolina Muchova 5-7 6-1 6-4 pada babak keempat US Open di Flushing Meadows, New York, Senin waktu setempat (Selasa WIB).

Pada perempatfinal Azarenka akan ditantang petenis putri Belgia Elise Mertens yang melanjutkan penampilan tangguhnya pada 2020 dengan menumbangkan unggulan kedua asal Amerika Serikat Sofia Kenin 6-3 6-3 dalam babak yang sama.

Petenis berusia 31 tahun yang dua kali menjuarai Australian Open itu dipatahkan tiga kali pada set pembuka namun Muchova yang unggulan ke-20 terlihat kesulitan akibat masalah pada paha atasnya dalam laga di Stadion Louis Armstrong itu.

Baca juga: Gelembung US Open membuat Azarenka serasa di "penjara emas'
Baca juga: Elise Mertens jegal Sofia Kenin untuk ke perempatfinal US Open


Azarenka yang tengah menanjak setelah menjuarai gelar pertamanya dalam empat tahun di Western & Southern Open, memanfaatkan betul ketidaknyamanan Muchova itu guna merebut set kedua dan menyudahi pertandingan ini.

Muchova sempat mengambil jeda medis sangat laman dan kembali ke lapangan dalam balutan pada set ketiga.

Namun Azarenka yang mantan nomor satu dunia namun dalam turnamen ini menjadi petenis non unggulan, sudah tak tertahankan lagi untuk maju ke delapan besar melawan Elise Mertens, demikian Reuters, Selasa.

Baca juga: Azarenka juarai Western & Southern tanpa bertanding
Baca juga: Serena lewati Sakkari untuk capai perempatfinal US Open

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020