Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Prancis kembali membukukan kemenangan 4-2 atas Kroasia, laiknya skor final Piala Dunia 2018, dalam laga lanjutan UEFA Nations League 2020/21 Divisi A Grup 3 (A3) di Stade de France, Saint-Denis, Prancis, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Selaiknya 2018, kemenangan itu diwarnai satu gol dari Antoine Griezmann serta satu gol bunuh diri di kubu Kroasia, yang kali ini tercatat atas nama kiper Dominik Livakovic, demikian catatan laman resmi UEFA.

Kendati menang, Prancis tertahan di urutan kedua dengan koleksi enam poin, pasalnya di laga lain Portugal juga menang atas Swedia, sedangkan Kroasia yang masih nirpoin tak beranjak dari dasar klasemen.

Baca juga: Kylian Mbappe positif COVID-19

Memasuki pertandingan dengan kabar kurang mengenakkan menyusul sang bintang Kylian Mbappe ditemukan positif terpapar COVID-19, Prancis memanfaatkan efisiensi 43 persen penguasaan bola mereka sepanjang laga menjadi empat gol.

Tuan rumah sempat tertinggal lebih dulu akibat gol bek Dejan Lovren yang menyambar bola liar dalam situasi sepak pojok dengan sepakan keras yang tak mampu diantisipasi kiper Hugo Lloris.

Upaya Prancis untuk bangkit baru menemukan hasil dua menit jelang turun minum ketika Anthony Martial mengakhiri serangan yang dibangunnya dengna umpan tarik yang disambut dengan sontekan cantik Griezmann untuk menjebol gawang Kroasia dan menyamakan kedudukan.

Lantas pada menit pertama injury time Martial berhasil menyambut umpan tarik Wissam Ben Yedder dengan sepakan yang membentur tiang gawang sebelum mengenai badan Livakovic dan bola bersarang ke dalam gawang, tercatat sebagai gol bunuh diri. Prancis dua, Kroasia satu.

Kroasia memasuki babak kedua dengan semangat tinggi untuk menyamakan kedudukan dan upaya mereka membuahkan hasil pada menit ke-55 ketika Josip Brekalo berhasil memperdaya Ferland Medy sebelum menaklukkan Lloris untuk membuat skor menjadi 2-2.

Baca juga: Prancis atasi Swedia berkat gol tunggal Mbappe
Baca juga: Portugal hantam Kroasia 4-1 walau tanpa Ronaldo

Pada menit ke-65, Prancis berhasil merestorasi keunggulan mereka memanfaatkan situasi sepak pojok yang diakhiri tandukan tajam Dayot Upamecano, yang bolanya melesat ke dalam gawang tak mampu dijangkau Livakovic.

Lantas tuan rumah mendapat keuntungan ketika wasit Ovidiu Hategan menunjuk titik putih menyusul insiden bola mengenai tangan Marcelo Brozovic di dalam area terlarang.

Keputusan itu diprotes oleh kubu Kroasia yang membuat Hategan mengeluarkan kartu kuning untuk Brozovic dan Lovren.

Kesempatan dari titik putih dihadapi oleh Olivier Giroud yang dengan tenang menipu Livakovic untuk memperbesar keunggulan Prancis jadi 4-2 pada menit ke-77.

Kroasia tak segera menyerah tetapi peluang terbaik mereka semenit jelang bubaran waktu normal dari Nikola Vlasic masih ditolak tiang gawang kendati sudah tak terjangkau oleh Lloris, sehingga skor 4-2 untuk Prancis tak berubah hingga laga usai.

Baca juga: Batshuayi dua gol, Belgia cukur Islandia 5-1
Baca juga: Ronaldo ukir gol ke-100 untuk Portugal


Susunan pemain:

Prancis (3-4-1-2): Hugo Lloris; Dayot Upamecano, Clement Lenglet, Lucas Hernandez; Moussa Sissoko, N'Golo Kante (Eduardo Camavinga), Steven Nzonzi, Ferland Mendy; Antoine Griezmann (Nabil Fekir); Wissam Ben Yedder (Olivier Giroud), Anthony Martial
Pelatih: Didier Deschamps

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic; Filip Uremonic (Domagoj Vida), Dejan Lovren, Duje Caleta Car, Dario Melnjak; Mateo Kovacic, Marcelo Brozovic, Nikola Vlasic; Ante Rebic (Josip Brekalo), Andrej Kramaric, Ivan Perisic (Mario Pasalic)
Pelatih: Zlatko Dalic

Baca juga: Greenwood meminta maaf telah langgar protokol kesehatan di Islandia
Baca juga: Italia khawatir Zaniolo cedera parah

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020