Jakarta (ANTARA) - Buku "Suteru! Gijutsu" karya Nagisa Tatsumi yang menginspirasi Marie Kondo dalam menciptakan metode berbenah KonMari sudah hadir di Indonesia melalui penerbit Bentang Pustaka.

Suteru! Gijutsu berisi langkah-langkah praktis berbenah rumah agar terasa nyaman, tertata dan membuatnya higienis tanpa menghabiskan banyak waktu. Orang tua pun bisa mengajak anak-anaknya untuk mengikuti panduan dalam buku ini.

Melalui buku ini Anda diajak menyikapi kegiatan membuang secara positif melalui Seni Membuang Barang: Enyahkan Berantakan dan Raih Kebahagiaan, yang akan memecahkan persoalan Anda yang sering merasa terlalu banyak memiliki barang.

"Nagisa dengan tepat mendedah sisi psikologis kita yang tanpa sadar senang menumpuk benda tak berguna. Di sini, kita diajak untuk belajar memutuskan dengan cepat benda apa yang sebaiknya disimpan atau dibuang," ujar editor Nonfiksi Bentang Pustaka, Nurjannah Intan dalam siaran persnya, ditulis Rabu.

Baca juga: Buku Ilham Bintang berisi kumpulan artikelnya sepanjang tahun

Baca juga: "Martabak Isi Senja", pahit getir hidup dan romantika dalam cerita


Marie Kondo yang dikenal sebagai pencipta metode KonMari yakni metode berbebah melalui bukunya "The Life Changing Magic of Tidying Up" mengatakan, serba-serbi berbenah menjadi topik yang kali pertama menarik perhatiannya semasa SMP dan pemicunya buku "The Art of Discarding" karya Nagisa Tatsumi.

Menurut Marie, buku itu menjelaskan pentingnya membuang barang-barang yang tidak perlu.

Nagisa Tatsumi sendiri disebut sebagai Pelopor Revolusi Merapikan Barang di Jepang. Selepas lulus dari Universitas Ochanomizu, Tatsumi bekerja sebagai jurnalis dan editor hingga akhirnya memutuskan untuk berkarier lepas.

Dia selama ini menulis seputar topik gaya hidup dan budaya Jepang dengan gaya penulisan yang blak-blakan namun ini meraup banyak pembaca setia.

Sejumlah bukunya telah diterjemahkan kedalam berbagai macam bahasa, salah satunya "Suteru! Gijutsu" yang menjadi sangat best seller dan telah terjual dua juta eksemplar di seluruh dunia.

Pada 2008 dia mendirikan Kaji Juku, lembaga pelatihan untuk ibu dan bapak rumah tangga di Tokyo.

Buku "Suteru! Gijutsu" dibanderol Rp59 ribu dan pra penjulannya sudah dimulai sejak 7 September hingga 27 September mendatang.

Baca juga: "Talking Pictures" cara membedah film

Baca juga: Resensi Buku - Membedah pentingnya komunikasi bencana


 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020