Koba, Babel, (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengimbau kandidat yang maju dalam Pilkada 2020 untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Kami mengimbau kandidat dalam melaksanakan kegiatan kampanye dapat mematuhi protokol kesehatan," kata Ketua Bawaslu Bangka Tengah Robianto di Koba, Rabu.

Baca juga: Bawaslu petakan titik kerawanan Pilkada Bangka Tengah

Hal itu dikemukakan Robianto sehubungan sudah mendaftarnya dua bakal pasangan calon peserta Pilkada 2020 di KPU Bangka Tengah.

"Pilkada 2020 berlangsung di tengah pandemi COVID-19, tentu kita harus mengikuti anjuran pemerintah terkait dengan adaptasi kebiasaan baru," ujarnya.

Baca juga: KPU Bangka Tengah verifikasi faktual berkas bakal paslon Pilkada 2020

Ia juga mengimbau kandidat tidak melakukan kampanye dengan mengumpulkan orang dalam jumlah banyak karena dikhawatirkan memicu penyebaran COVID-19.

"Persoalan ini sudah kami bicarakan dan dikoordinasikan kepada pihak KPU Bangka Tengah, pada prinsipnya mereka juga sudah mengantisipasi semua itu," ujarnya.

Baca juga: KPU Bangka Tengah siapkan skema baru pelaksanaan tahapan Pilkada 2020

Ia mengatakan, Pilkada 2020 memiliki tantangan lebih berat dibanding dengan pemilihan kepala daerah sebelumnya karena agenda politik harus disesuaikan dengan protokol kesehatan.

"Namun demikian, tentu saja tahapan tetap dijalankan sesuai dengan peraturan yang ada," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020