Jakarta, (ANTARA News) - Puluhan aktivis dari Relawan Indonesia Hijau membagikan 500 bibit tanaman kepada para pengguna jalan yang melewati kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis.

Bibit tanaman yang dibagikan antara lain tanaman sirsak, avokad, durian, sawo, jambu biji, dan berbagai jenis tanaman buah-buahan yang biasa tumbuh di pekarangan rumah.

Para aktivis selain membagikan bibit tanaman, juga menyebarkan stiker berisi ajakan untuk menyelamatkan bumi dari pemanasan global.

Menurut Koordinator Aksi, Iyansyah, kegiatan berisi ajakan untuk menjaga lingkungan itu tidak terkait dengan aksi massa besar-besar memperingati 100 hari pertama pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Boediono, tetapi terkait dengan Hari Ulang Tahun (HUT) kedua lembaga itu.

"Aksi ini sudah direncanakan sejak lama dan setiap tanggal 28 Januari, kami akan membagikan bibit tanaman kepada masyarakat serta ajakan untuk melindungi bumi dari pemanasan global," katanya.

Pembagian bibit tanaman itu untuk membangkitkan kesadaran agar tiap orang menanam satu pohon di lingkungannya untuk menjaga keseimbangan ekosistem terkait dengan perubahan iklim global.

Ratusan aparat keamanan berjaga-jaga di sekitar lokasi. Sedangkan pengaturan lalu lintas tetap dilaksanakan oleh polisi lalu lintas yang biasa berjaga di Bundaran HI.

Hingga kini, di Bundaran HI belum ada kelompok massa yang datang untuk melakukan aksi menyambut 100 hari pemerintahan SBY-Boediono, padahal kawasan ini akan menjadi salah satu titik berkumpulnya ribuan massa sebelum berkumpul di depan kawasan Istana Kepresidenan.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010