Jakarta (ANTARA) - Serena Williams mengatakan pekerjaan itu tak ada habisnya untuk para ibu yang juga pemain tenis profesional setelah dia memenangkan pertarungan dua ibu melawan Tsvetana Pironkova di perempatfinal US Open, Kamis dini hari WIB.

Williams melepaskan 20 ace dalam perjalanan mencatat kemenangan sengit 4-6 6-3 6-2 atas petenis Bulgaria yang melahirkan anak pertamanya pada 2018 dan membuat kejutan karena maju ke perempat final pada turnamen pertamanya dalam tiga kurun tahun.

"Ini cuma menunjukkan kepada saya betapa beratnya menjadi ibu," kata Williams tentang performa Pironkova seperti dilansir Reuters.

"Kapan pun Anda melahirkan bayi, jujur saja, Anda bisa melakukan apa saja dan Anda menyaksikannya pada Tsvetana hari ini. Dia bermain luar biasa."

Baca juga: Serena lolos dari ujian Pironkova untuk mencapai semifinal US Open
Baca juga: Serena ingin ajari putrinya bermain tenis


Pironkova setuju dengan pendapat adalah sulit mengartikan peran gandanya sebagai pemain dan sebagai ibu.

"Ini jelas enggak gampang," kata dia pada awal turnamen ini. "Ini turnamen pertama saya dan kini saya senang bisa bermain."

Williams yang melahirkan putrinya pada 2017, bisa saja menghadapi menghadapi ibu lainnya, Victoria Azarenka, pada semifinal Kamis waktu setempat atau Jumat pagi WIB esok.

"Saya kira saya paling dipengaruhi oleh para ibu," kata Williams. "Bagaimana Anda melakukannya? Anda memainkan pertandingan dan pulang dengan tetap harus mengganti popok. Ini bagaikan kehidupan ganda."

Petenis Amerika berusia 38 tahun yang tinggal dua kemenangan tunggal Grand Slam lagi untuk memecahkan rekor 24 gelar tunggal Slam ini mengatakan menjadi ibu memberinya kekuatan.

"Saya pikir ketika Anda jadi ibu, Anda mengatasi begitu banyak hal hanya untuk menjadi ini dan itu," kata dia.

"Dan usia sebenarnya menyangkut bagaimana perasaan Anda secara mental dan bagaimana kondisi tubuh Anda serta bagaimana Anda secara fisik mengimbanginya. Jika Anda menganggapnya hanya angka belaka, maka ya cuma itu."

Baca juga: Osaka membalas kekalahannya dari Rogers untuk capai semifinal US Open
Baca juga: Zverev melaju ke semifinal US Open
Baca juga: Zverev melaju ke semifinal US Open

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020