IHSG melemah dipicu memanasnya hubungan AS-China. Saham teknologi terus anjlok. Selain itu sentimen lainnya yaitu dihentikannya sementara uji coba tahap 3 terhadap calon vaksin produksi AstraZeneca
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Rabu (9/9) kemarin, mulai dari data penjualan ritel yang masih terkontraksi hingga Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang terkulai.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. IHSG terkulai seiring koreksi bursa saham kawasan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu berakhir terkulai seiring koreksi bursa saham kawasan.

IHSG ditutup melemah 94,7 poin atau 1,81 persen ke posisi 5.149,38. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak turun 21,72 poin atau 2,63 persen menjadi 804,35.

"IHSG melemah dipicu memanasnya hubungan AS-China. Saham teknologi terus anjlok. Selain itu sentimen lainnya yaitu dihentikannya sementara uji coba tahap 3 terhadap calon vaksin produksi AstraZeneca," kata Analis Indo Premier Sekuritas Mino Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini

2. BPUI akan bentuk perusahaan asuransi baru selamatkan Jiwasraya

Perusahaan induk (holding) asuransi dan penjaminan BUMN, PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau BPUI akan membentuk perusahaan asuransi jiwa baru, yakni IFG Life, sebagai upaya menyelamatkan PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

"Asuransi jiwa ini nantinya akan mencoba atau menyelamatkan pemegang-pemegang polis yang direstrukturisasi dari Asuransi Jiwasraya. Awalnya namanya Nusantara Life, tetapi berubah menjadi IFG Life," ujar Direktur Utama BPUI Robertus Billitea di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini

3. Tanggapi petani, Kementan tambah alokasi pupuk subsidi 1 juta ton

Kementerian Pertanian segera menambah alokasi pupuk bersubsidi sebanyak 1 juta ton pada tahun ini sebagai upaya menanggapi keluhan petani di sejumlah daerah terkait kurangnya kuota pupuk pada tahun ini demi menunjang produktivitas tanaman.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan anggaran untuk menambah pupuk bersubsidi 1 juta ton atau senilai Rp3,14 triliun telah disetujui oleh Kementerian Keuangan, dan saat ini dalam proses pembahasan serta penyelesaian seluruh dokumen anggaran.

Baca selengkapnya di sini

4. Izin dipermudah, BKPM sebut tujuh perusahaan relokasi ke Indonesia

Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyebutkan proses perizinan yang lebih mudah setelah adanya pendelegasian kewenangan, membuat tujuh perusahaan berhasil melakukan relokasi investasi ke Indonesia.

Pendelegasian kewenangan perizinan usaha itu tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2019 tentang Percepatan Kemudahan Berusaha.

"Kekuatan kita memfasilitasi relokasi investasi dari China sebenarnya adalah dari perizinan. Kalau dari harga tanah, kita masih belum, karena di Batang kita sedang proses," kata Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal BKPM Ikmal Lukman dalam webinar, dari Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini

1. Masih dalam fase kontraksi, BI catat penjualan eceran Juli membaik

Penjualan eceran terus membaik meskipun masih berada dalam fase kontraksi, tercermin dari indeks penjualan riil (IPR) hasil Survei Penjualan Eceran Juli 2020 dengan pertumbuhan minus 12,3 persen (yoy), membaik dari bulan sebelumnya minus 17,1 persen (yoy).

Perbaikan penjualan diprakirakan terjadi pada hampir seluruh kelompok komoditas yang disurvei, dengan penjualan pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau mengalami kontraksi paling rendah, dengan pertumbuhan minus 1,9 persen (yoy).

"Hal itu sejalan dengan peningkatan daya beli masyarakat dan implementasi adaptasi kebiasaan baru (AKB)," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko dalam info terbarunya di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini



 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020