Jusuf Kalla: Jakoeb Oetama selalu ingin melihat hal positif bangsa

Jusuf Kalla: Jakoeb Oetama selalu ingin melihat hal positif bangsa

Keluarga dan kerabat menabur bunga di makam Pendiri Kompas Gramedia/ Pemimpin Umum Harian Kompas Jakob Oetama di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (10/9/2020). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nz.

Jusuf Kalla mengajak para jurnalis muda di Tanah Air agar meneladani sikap dan kepribadian dari sosok Jakoeb Oetama.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Muhammad Jusuf Kalla mengatakan sosok Jakoeb Oetama, pendiri Kompas Gramedia sekaligus tokoh pers nasional, merupakan orang yang selalu ingin melihat hal positif untuk pembangunan bangsa.

"Dia tidak melihatnya dari sisi negatif," kata Jusuf Kalla usai menjadi pemimpin upacara pemakaman Jakoeb Oetama di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta Selatan, Kamis.

Hal itu tercermin dari sikap anggota MPR RI periode 1971 hingga 1977 yang melihat sesuatu yang sulit namun tetap mengarah pada kemajuan.

Pada kesempatan itu, Jusuf Kalla juga mengajak para jurnalis muda di Tanah Air agar bisa mencontoh sikap dan kepribadian dari sosok Jakoeb Oetama.

Jakoeb Oetama merupakan pendiri Kompas Gramedia sekaligus tokoh pers nasional yang meraih Bintang Mahaputra. Jakoeb menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta Utara pukul 13.05 WIB.

Almarhum meninggalkan satu orang istri dan lima orang anak. Semasa hidup, Jakoeb Oetama pernah menempuh pendidikan DI Ilmu Sejarah. Selain itu, ia juga diketahui lulusan Fakultas Sosial Politik di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Selain itu, tokoh pers tersebut juga meraih doktor honoris causa dari UGM Yogyakarta dan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Luhut Binsar Pandjaitan tinjau Gudang Darurat PMI

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar